Kamis, 7 Desember 2023

Peringatan Dini Hujan Disertai Angin Kencang Sampai Dua Hari ke Depan, Surabaya Tidak Termasuk

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Prediksi cuaca Jawa Timur. Sumber : BMKG Juanda Jatim

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda merilis peringatan dini tiga harian agar masyarakat mewaspadai potensi hujan sedang sampai lebat disertai petir dan angin kencang di sejumlah daerah di Jawa timur. Peringatan ini dikeluarkan untuk Senin (13/9/2021), hari ini, sampai Rabu 15 September mendatang. Surabaya tidak termasuk daerah yang diprakirakan mengalami hujan lebat disertai angin kencang.

Berdasarkan data BMKG Juanda yang dikutip dari situs resminya, siang sampai sore hari nanti ada sejumlah kabupaten kota di Jawa Timur yang diprakirakan mengalami hujan sedang sampai lebat disertai angin kencang. Di antarnya Nganjuk, Kabupaten Madiun, Pacitan, Trenggalek, Kabupaten Blitar, Kabupaten Kediri, Kabupaten Malang, Batu, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, dan Banyuwangi.

Malam harinya, ada sejumlah wilayah di Jatim yang diprakirakan hujan. Antara lain Trenggalek, Tulungagung, Kabupaten Malang, Kota Malang, Lumajang, dan Jember. Sedangkan pada dini hari, hujan diprakirakan terjadi di wilayah Ponorogo, Pacitan, Tulungangung, dan Kabupaten Blitar.

Sementara itu pada Selasa (14/9/2021) pagi besok, BMKG Juanda memprakirakan ada tiga daerah di Jatim yang mengalami hujan sedang sampai lebat disertai petir dan angin kencang. Antara lain Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, dan Lumajang. Sedangkan siang sampai sore hari di hari yang sama, hujan diprakirakan bergeser dan meluas ke sejumlah wilayah.

Daerah yang diprakirakan hujan pada Selasa siang sampai sore antara lain Jombang, Nganjuk, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kota Blitar, Kabupaten Kediri, Kota Kediri, Kabupaten Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, dan Sampang.

Sedangkan sorenya, hujan diprakirakan terjadi di Nganjuk, Ponorogo, Pacitan, Kabupaten Kediri, Kabupaten Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, dan Lumajang.

Peringatan dini BMKG Juanda ini juga menyampaikan prakiraan untuk Rabu (15/9/20212) pagi hingga dini hari. Pada Rabu pagi, daerah yang diprakirakan hujan antara lain di wilayah Kabupaten Malang dan Lumajang. Sorenya, hujan diprakirakan bergeser ke wilayah Ngawi, Kabupaten Malang, Kabupaten Probolinggo, dan Lumajang.

Dalam peringatan dini itu, BMKG Juanda juga menyampaikan catatan mengenai potensi banjir. Untuk prakiraan hujan pada hari ini, BMKG Juanda memberikan catatan level banjir di sejumlah wilayah yang diprakirakan di Jatim adalah siaga. Pada Selasa besok, level banjir yang diperingatkan adalah waspada. Sedangkan pada Rabu mendatang, BMKG tidak memberikan catatan tentang potensi banjir.(wld/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Aksi Demo Buruh, Lalu Lintas Lumpuh di Jalan Basuki Rahmat

Kemacetan Total di Raya Sukomulyo Gresik

Surabaya
Kamis, 7 Desember 2023
25o
Kurs