Rabu, 24 Juli 2024

BMKG: Peringatan Hujan Lebat di Beberapa Wilayah Indonesia Termasuk Jatim

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Ilustrasi: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini prakiraan hujan lebat disertai kilat dan angin kencang di beberapa wilayah Indonesia, termasuk Jawa Timur pada Jumat (13/8/2021).

Dalam informasi yang dikutip dari situs BMKG pada Jumat, disampaikan potensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat diperingatkan untuk Provinsi Jawa Timur, Aceh, Bengkulu, Lampung, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.

Kondisi serupa juga berpotensi terjadi di wilayah Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Maluku, Nusa Tenggara Barat, dan Papua Barat.

Dikemukakan BMKG seperti dilansir Antara, sirkulasi siklonik terpantau di Samudera Hindia barat Sumatera Utara dan di Selat Karimata bagian utara yang membentuk daerah konvergensi memanjang dari Samudra Hindia barat Sumatera hingga perairan barat Aceh dan dari Kalimantan bagian timur hingga perairan barat Kalimantan Barat.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Laut Jawa bagian barat hingga perairan Kepulauan Riau, dari Jawa Tengah hingga Jawa Barat, dan dari perairan timur Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah.

Terkait dengan kondisi ini, BMKG menilai, mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

BMKG juga memperingatkan potensi angin kencang di provinsi Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, dan Nusa Tenggara Timur.

Di samping itu, BMKG memperingatkan masyarakat NTT untuk waspada kebakaran hutan dan lahan.(ant/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Rabu, 24 Juli 2024
31o
Kurs