Rabu, 16 Juni 2021

Perjalanan KAJJ Dari dan Ke Jakarta Ditargetkan Normal Siang Ini

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Perbaikan rel diantara stasiun Kedunggedeh-Lemahabang yang rusak karena banjir.Foto : istimewa

Joni Martinus Vice President (VP) Public Relations PT KAI mengatakan, hingga kini PT KAI Daop 1 Jakarta terus berupaya semaksimal mungkin melakukan proses percepatan perbaikan untuk menormalkan kembali jalur antara stasiun Kedunggedeh-Lemahabang yang rusak karena dampak banjir.

Sekadar diketahui, selama dua hari lalu PT KAI Daop 1 Jakarta membatalkan seluruh perjalanan dari dan ke Jakarta akibat rel yang berada di antara stasiun Kedunggedeh-Lemahabang tidak bisa dilewati karena dampak banjir.

“Penormalan kembali jalur tersebut dengan memperbaiki kembali geometri jalan kereta api melalui pengisian lapisan batu balas di bawah bantalan jalur rel dan pemadatan lapisan batu balas dengan menggunakan alat berat disepanjang lokasi yang terdampak banjir,” ujar Joni dalam keterangannya, Selasa (23/2/2021).

Sebelumnya, kata Joni, dampak banjir yang menggenangi jalur rel kereta api (KA) antara Stasiun Kedunggedeh – Lemah Abang Km 55 +100 s.d Km 53+600 mengakibatkan kerusakan di bagian bawah pondasi jalur rel KA, karena lapisan batu balas tergerus arus air yang mengakibatkan sejumlah titik terdapat bagian rel yg menggantung.

“PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta mengucapkan permohonan maaf kepada seluruh pengguna jasa KA yang terkena dampak cuaca ekstrim sehingga berpengaruh pada kondisi prasarana dan operasional KA yang terganggu,” jelasnya.

Kata dia, melalui percepatan penanganan dengan mengedepankan keselamatan dan keamanan jalur KA antara Kedunggedeh-Lemahabang ditargetkan siang ini dapat kembali melayani perjalanan KA.

Namun demikian perkembangan informasi keberangkatan KA pada siang, sore dan malam nanti akan kembali diberikan secara berkala dengan melihat proses perbaikan yang terus berlangsung.

Menurut Joni, pagi ini proses perbaikan masih terus dilakukan, masih terdapat sekitar 7 KA untuk keberangkatan pagi hari dari Stasiun Pasar Senen dan Gambir yang belum dapat dilayani perjalanannya.

Bagi pelanggan KA yang telah memiliki tiket keberangkatan pagi hari tanggal 23 Februari 2021 dari Gambir maupun Pasar Senen dapat melakukan pembatalan tiket di loket pembatalan stasiun. Calon penumpang juga diberikan waktu sampai dengan 30 hari kedepan untuk pembatalan tiket KA yang terdampak pembatalan akibat banjir, dengan pengembalian 100 persen.

Persyaratan untuk pembatalan tiket di loket stasiun, calon penumpang diwajibkan membawa tiket KA dan ID asli calon penumpang. Untuk calon penumpang yang memiliki kode booking yang sama dapat dilakukan pembatalan oleh salah satu calon penumpang dengan membawa foto copy ID penumpang yang lain.

Adapun berikut daftar stasiun yang melayani pembatalan tiket Kereta Api Jarak Jauh di area Daop 1:
– Pasar Senen
– Gambir
– Bekasi
– Cikampek
– Bogor
– Jakarta Kota
– Karawang .(faz/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran di Tanjungsari

Kemacetan di Tol Waru arah Dupak

Gerhana Bulan Total di Waru

Surabaya
Rabu, 16 Juni 2021
25o
Kurs