Sabtu, 20 April 2024

Persentase Kesembuhan Pasien Covid-19 Terus Meningkat

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Pasien Covid-19 yang sembuh disemangati petugas saat keluar dari Asrama Haji Surabaya. Foto: Istimewa.

Wiku Adisasmito Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 mengungkapkan, ada peningkatan signifikan persentase kesembuhan secara nasional.

Berdasarkan data, pekan ini ada kenaikan persentase kesembuhan pasien Covid-19 sebanyak 84 persen, dari pekan sebelumnya 78 persen.

“Persentase itu menandakan adanya konsistensi peningkatan kesembuhan dalam tiga pekan terakhir. Lima provinsi dengan persentase kesembuhan tertinggi pekan ini, yaitu Banten (naik 12,2 persen), Maluku Utara (naik 7,48 persen), Bengkulu (naik 6,54 persen), Jawa Barat (naik 6,01 persen), dan Nusa Tenggara Timur (naik 5,89 persen),” ujarnya di Graha BNPB, Jakarta, Selasa (10/8/2021).

Pada kesempatan itu, Wiku juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh tenaga kesehatan yang bekerja keras menangani pasien Covid-19, terutama waktu terjadi lonjakan kasus tujuh pekan terakhir.

Di sisi lain, Wiku Adisasmito menyayangkan masih tingginya angka kasus kematian akibat Covid-19 di Tanah Air. Bahkan, tiga pekan belakangan terjadi kenaikan angka kematian.

Menurut Wiku, data kasus kematian tingkat nasional ke depannya akan ditampilkan dengan persentase, bukan jumlah. Hal itu supaya tidak terjadi bias karena pengaruh naik turunnya kasus.

Sedangkan untuk data kematian tingkat provinsi, bisa dilihat angkanya supaya terdeteksi provinsi yang perlu mendapatkan penanganan khusus.

Pekan ini, tingkat kematian akibat Covid-19 di Indonesia mencapai 2,92 persen. Angka itu lebih tinggi dibandingkan rata-rata kasus kematian dunia 2,12 persen.

Lima provinsi penyumbang kasus kematian tertinggi yaitu Riau, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, dan Jawa Tengah.

Maka dari itu dalam masa PPKM, selain fokus menurunkan kasus aktif dan kasus baru, pemerintah juga berupaya maksimal menekan angka kematian.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
28o
Kurs