Jumat, 29 Maret 2024

Pesawat Carter Angkut Penumpang dari India ke Indonesia, 12 di antaranya Positif Covid-19

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi pesawat. Foto: Pixabay

Jhoni Ginting Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia mengatakan, pada hari Rabu (21/4/2021) telah mendarat satu pesawat Air Asia QZ-988 yang terbang dari Chennai India ke Bandara Soekarno Hatta Indonesia mengangkut 129 penumpang.

“Ada pun uraian dari pada penumpang tersebut pemegang visa kunjungan WN India ada 38 orang, pemegang kitas (Kartu Izin Tinggal Terbatas) WN India 46 orang, pemegang kitas WN AS 1 orang, pemegang kitas WN India 32 orang, WNI 12 orang, crew 11 orang WNI. Ini adalah carter flight,” kata Jhoni dalam siaran Perkembangan Perekonomian Terkini dan Kebijakan PC-PEN, kemarin Jumat (23/4/2021).

Ditambahkan Jhoni, semua penumpang penerbangan tersebut mengantongi dokumen perjalanan berupa visa yang dikecualikan dan boleh masuk ke Indonesia sesuai Permenkumham No. 26 Tahun 2020.

Sementara terkait dengan penyetopan permohonan visa masuk ke Indonesia dari India yang dilakukan mulai kemarin Jumat 23 April pukul 12.00 WIB, Jhoni mengatakan masih ada pemilik visa yang mungkin datang ke Indonesia. Terkait kemungkinan ini, pihaknya akan berkoordinasi dengan Kemenhub sebagai langkah antisipasi.

Dalam kesempatan yang sama, Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan memaparkan, berdasarkan hasil pengetesan yang dilakukan kepada penumpang penerbangan tersebut, ada 12 penumpang WNA yang terkonfirmasi positif Covid-19.

“Dari hasil pengetesan yang dilakukan dari 127 WNA, ada 12 penumpang yang sudah positif. Dan dari 12 penumpang itu semua kita lakukan genome secuencing cuma hasilnya belum keluar,” terang Menkes.(dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
27o
Kurs