Kamis, 28 Maret 2024

Pfizer akan Hadirkan Pil Minum untuk Obati Covid-19

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Pasokan pertama vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech telah selamat tiba pada jam 10.00 Minggu (21/2/2021) di Advanced Cargo Centre (ACC) KLIA melalui penerbangan MH604 yang dikendalikan oleh MABkargo Sdn. Bhd. (MASKargo). Foto: Antara

Perusahaan farmasi Pfizer sedang dalam tahap melakukan uji klinis untuk pil yang dapat diminum di rumah untuk memerangi tahap awal infeksi Covid-19.

Albert Bourla CEO Pfizer mengatakan kepada CNBC pil antivirus oral ini akan tersedia untuk umum pada akhir tahun ini.

Dia berharap obat oral eksperimental ini akan efektif melawan berbagai varian virus dan digunakan untuk merawat pasien Covid pada awal penyakit, jauh sebelum mereka membutuhkan perawatan.

Obat ini bekerja dengan mengikat enzim virus, menghentikan virus untuk bereplikasi di dalam sel manusia, mencegahnya berkembang biak lebih lanjut dalam sistem pernapasan.

Penghambat protease semacam ini juga digunakan untuk mengobati penyakit lain, seperti HIV dan hepatitis C.

“Ini memungkinkan kami untuk percaya akan jauh lebih efektif melawan berbagai varian. Ini kabar baik, dan kami sekarang melanjutkan studi,” kata Bourla seperti dikutip dari Insider oleh Antara, Kamis (29/4/2021).

Uji klinis tahap awal obat yang saat ini dikenal sebagai “PF-07321332”, telah berlangsung sejak Maret.

Telegraph melaporkan uji coba pada manusia dijadwalkan akan dimulai. Dokumen tertanggal 8 Februari menguraikan strategi pengujian perusahaan untuk subjek uji yakni periode uji coba selama 145 hari, dengan 28 hari tambahan untuk penyaringan dan pemberian dosis.

“Keamanan obat studi telah dipelajari pada hewan. Dalam studi hewan ini, tidak ada risiko signifikan atau peristiwa keamanan yang dikhawatirkan, dan obat studi tidak menyebabkan efek samping pada tingkat dosis mana pun yang akan digunakan dalam penelitian ini, ” menurut isi dokumen itu.

Selain obat, Bourla juga menegaskan Pfizer masih melanjutkan tes vaksin pada anak-anak berusia enam bulan hingga 11 tahun. Dia mengaku optimistis FDA akan segera menyetujui penggunaan vaksin Pfizer pada remaja.(ant/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs