Kamis, 18 April 2024

Plasma Konvalesen di PMI Masih Kosong, 508 Permintaan Belum Terlayani

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Plasma konvalesen di PMI Surabaya kosong, dan sekitar 508 permintaan dari masyarakat belum terlayani. Foto: totok/dok. suarasurabaya.net

PMI Surabaya, Jumat (30/7/2021) mencatat sekurangnya 508 permintaan plasma konvalesen dari masyarakat masih belum terlayani.

Sedangkan stok plasma konvalesen di PMI Surabaya masih kosong. Pendonor plasma konvalesen masih minim, dan jumlahnya tidak sebanyak sebelumnya.

“Kondisinya memang demikian. Pendonor masih minim. Kalau dibandingkan dengan beberapa waktu lalu, terutama saat menjelang Idul Fitri, jumlahnya jauh berbeda. Ketika itu jumlah stok plasma konvalesen sampai ratusan. Tapi berangsur menipis. Dan akhirnya habis. Ternyata berkepanjangan, beberapa waktu ini memang stok kami kosong,” kata Triksi Hendria Humas PMI Surabaya, Jumat (30/7/2021).

Sebanyak 508 permintaan plasma konvalesen yang masuk ke PMI dan belum terlayani itu sebagian besar berasal dari warga Kota Surabaya.

“Trend beberapa minggu terakhir, dari total permintaan plasma konvalesen yang masuk, terbanyak dari Surabaya sendiri. Tapi kalau kosong seperti saat ini, tentunya kami belum bisa memberikan layanan,” kata Triksi.

Kepada masyarakat, khususnya para penyintas Covid-19, Triksi berharap agar mereka segera mendonorkan plasma konvalesennya.

Di tengah lonjakan kasus Covid-19 karena virus varian baru ini, kebutuhan atau permintaan plasma konvalesen dari hari ke hari terus meningkat.

“Kami harap dan masih menunggu kedatangan para pendonor plasma konvalesen untuk segera berdonor di PMI Surabaya,” kata Triksi.

Memang ada syarat khusus bagi pendonor plasma konvalesen. Salah satu yang utama, pendonor plasma konvalesen harus lah sudah pernah terpapar Covid-19.

“Calon pendonor plasma konvalesen tetap wajib mengikuti pemeriksaan kesehatan, karena plasma konvalesen itu akan didonorkan ke orang lain,” ujar Triksi.(tok/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
26o
Kurs