Sabtu, 27 April 2024

Plavon Dukcapil Sidoarjo, Solusi Bupati Atasi Ruwetnya Pengurusan Adminduk

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Tangkapan layar Instagram Pemkab Sidoarjo tentang pemberitahuan Plavon Sidoarjo. Foto: Instagram Pemkab Sidoarjo

Mulai 6 April 2021 Pemkab Sidoarjo melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil memberlakukan Plavon Dukcapil sebagai pengganti WhatsApp Hotline untuk mengurus administrasi kependudukan (Adminduk) yang banyak dikeluhkan sebelumnya.

Perubahan ini diklaim oleh Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor) Bupati Sidoarjo dapat memangkas antrean yang sebelumnya dilakukan secara manual di WhatsApp menjadi lebih cepat, melalui website plavon.sidoarjokab.go.id.

“Yang kemarin rame-rame titik alasannya karena kuota, terus penggarapannya manual karena upload semuanya via WA. Ini kita ubah, ada layanan aplikasi lewat website sehingga memotong itu semua. Insyaallah antrean ini tidak manual lagi di WA, Insyaallah pelayanannya lebih cepat,” kata Muhdlor kepada Radio Suara Surabaya, Selasa (6/4/2021).

Pada hari pertama pelaksanaannya kemarin, menurutnya, nyaris tidak ada kendala yang berarti sejak antrean dibuka pukul 08.00 WIB pagi. Disdukcapil Sidoarjo, kata Muhdlor, bisa menyelesaikan 150 permintaan adminduk kemarin.

“Alhamdulillah tadi pagi ndak ada masalah. Masih awal aja ada dikit, kemudian lancar,” terangnya.

Pihaknya bahkan menyiagakan 50 petugas volunteer untuk membantu meng-input data dari aplikasi ke SIAK.

Agar masyarakat dapat cepat terbiasa dengan Plavon Dukcapil, Muhdlor akan berkoordinasi dengan Kadispenduk Sidoarjo untuk membuat video tutorial mengakses layanan di Plavon Dukcapil. “Catatan dari kami banyak publik yang belum tahu, saya perintahkan Kadispenduk cepet membuat tutorial videonya ini untuk disebar di mana-mana.”

Petugas di tingkat kecamatan dan desa diakuinya juga sudah mendapat pelatihan dan siap membantu warga yang masih kesulitan mengakses website tersebut. Evaluasi akan dilakukan dalam dua minggu ke depan untuk menyempurnakan Plavon Dukcapil.

Proses pengajuan adminduk di Plavon Dukcapil, kata Gus Muhdlor, hanya memakan waktu 10 menit. Prosedurnya, pemohon mendaftar menggunakan NIK, kemudian mengisi data seperti nama, email, nomor telepon. Setelah itu mengunggah file KTP dan mengisi layanan yang diinginkan. Ada delapan layanan adminduk di Plavon Sidoarjo yaitu KTP, Kartu Keluarga, KIA, SKPWNI/SKDWNI, Akta Kelahiran, Akta Kematian, Akta Perkawinan dan Akta Perceraian.

“Kalau selama syarat lengkap, gak sampai 10 menit selesai. Tinggal nunggu pusat (Kementerian Dalam Negeri) ACC, itu aja,” jelasnya.(dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
32o
Kurs