Jumat, 26 April 2024

PM Yunani Pecat Menterinya yang Lambat Tangani Kebakaran Hutan

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Seorang pria melihat kebakaran yang terjadi di Kota Rafina, dekat Athena, Yunani, Senin (23/7/2018). Foto: Reuters

Kyriakos Mitsotakis Perdana Menteri Yunani merombak kabinetnya, dengan memberhentikan Michalis Chrysochoidis Menteri Ketertiban Publik, menyusul kritik tajam terhadap respon pemerintah dalam serentetan kebakaran hutan musim panas.

Lebih dari seperempat juta hektar hutan pinus telah hancur pada bulan Agustus akibat kebakaran yang berlangsung selama berapa hari di seluruh Yunani.

Kebakaran itu menjalar ke daerah pinggiran kota Athena, menghancurkan rumah-rumah dan tempat-tempat usaha, serta menewaskan dua orang dan memaksa ribuan orang mengungsi.

Dilansir Antara, Rabu (1/9/2021) Mitsotakis, yang pemerintahan konservatifnya bertugas sejak Juli 2019 itu, telah meminta maaf secara terbuka atas keterlambatan dan kegagalan dalam merespon kebakaran dan berjanji akan memperbaiki kesalahannya.

Pada Selasa (31/8/2021), dia mengganti Michalis Chrysochoidis Menteri Ketertiban Publik dengan Takis Theodorikakos, seorang analis politik dan mantan menteri dalam negeri.

Dia memindahkan Vassilis Kikilias Menteri Kesehatan yang tahun lalu sukses mengawal Yunani dalam mengendalikan gelombang pertama infeksi Covid-19, ke posisi pariwisata menggantikan Harry Theoharis.

Juru bicara Mitsotakis juga mengumumkan pembentukan kementerian perlindungan sipil yang diketuai oleh Evangelos Apostolakis, mantan menteri pertahanan.

Perdana menteri itu sebelumnya membentuk kementerian pemulihan bencana alam pada pertengahan Agustus usai kebakaran hutan.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
29o
Kurs