Selasa, 30 November 2021

Polda Jatim Berangkatkan Ratusan Personel ke Lereng Semeru

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Jajaran Satuan Brimob Polda Jatim, Sabtu (16/01/2021) malam, berangkatkan 300 Personil BKO ke Lumajang. Foto: Istimewa

Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) memberangkatkan ratusan personel ke kawasan Gunung Semeru untuk bersiaga dan membantu warga setempat.

Sebagaimana diketahui, Gunung Semeru yang berstatus Waspada atau Level II kembali mengeluarkan awan panas guguran yang meluncur kurang lebih 4 kilometer, Sabtu (16/1/2021) sore, pukul 17.24 WIB.

Awan panas guguran itu disertai guguran lava dengan jarak luncur antara 500-1.000 meter dari Kawah Jonggring Seleko ke arah Sungai Besuk Kobokan, Pronojiwo, Lumajang.

Kombes Pol Gatot Repli Handoko Kabid Humas Polda Jatim bilang Polda Jatim menaruh atensi khusus atas kejadian ini. Ada tiga satuan yang dikerahkan Polda Jatim ke lokasi sekitar Semeru.

Antara lain Satuan Brimob (Satbrimob), Sabhara, dan Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Jatim.

“Sudah berangkat ke Lumajang untuk membantu warga,” ujarnya, Minggu (17/1/2021).

Ada 300 personel Satbrimob yang sudah meluncur ke Lumajang Sabtu (16/1/2021) malam. Semua personel, kata Gatot, sekarang sudah bersiaga di sekitar lereng Semeru mengantisipasi erupsi lebih besar.

“Tapi semoga tidak terjadi letusan lagi,” kata Gatot.

Para personel Polda Jatim itu turut membawa sejumlah peralatan dan logistik yang dibutuhkan. Antara lain 10 set tenda, 300 buah feltbet, 600 lembar masker, juga 100 pasang sepatu boot.

Mereka juga membawa sebanyak 100 pasang sarung tangan, 10 set meja dan kursi, sebanyak 10 tandu, 100 buah sekop, 100 buah cangkul, serta 300 buah mantel (jas hujan).

Personel Satbrimob juga menyiapkan dua unit mobil dapur lapangan, satu unit mobil water cannon, satu unit mobil SAR, empat unit mobil, 12 unit sepeda motor serta dua unit truk boks.

“Personel Satbrimob nantinya akan menuju ke Polres Lumajang lebih dulu untuk melakukan koordinasi,” ujarnya. (den/ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Selasa, 30 November 2021
28o
Kurs