Kamis, 25 April 2024

Pos Indonesia Siap Optimalkan Penyaluran Bansos Tunai

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Ilustrasi bansos

PT Pos Indonesia (Persero) siap mengoptimalkan penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) dari pemerintah kepada masyarakat.

Faizal R Djoemadi Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero), dikutip Antara, Senin (19/7/2021), mengatakan, BST yang telah siap dibayarkan adalah bagi 2.635.630 KPM.

Sedangkan, total penerima BST di seluruh Indonesia sebanyak 10 juta KPM yang terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Dengan budaya Akhlak dan semangat ‘bersatu untuk bangkit’, kami akan perbaiki digitalisasi proses bisnis, operasi dan administrasi bansos tunai 2021,” ujarnya.

Pemerintah melalui Kementerian Sosial RI kembali menyalurkan BST untuk Mei dan Juni yang akan diterima pada Juli 2021.

Nilai yang diberikan, Rp300 ribu per Keluarga Penerima Manfaat (KPM) per bulan. Penerima akan langsung dapat jatah 2 bulan yaitu Rp600.000.

Untuk memperlancar pemberian bantuan tersebut, PT Pos Indonesia (Persero) kembali dipercaya dalam proses pendistribusian.

Pos Indonesia menyatakan kesiapan dalam penyaluran. Sebanyak 21 ribu Insan Pos se-Indonesia dikerahkan untuk mengoptimalkan penyaluran BST.

Seluruh petugas Pos Indonesia yang mengemban tugas distribusi BST di seluruh Indonesia tersebut juga telah menerima vaksin Covid-19, sehingga bisa memberi layanan terbaik.

Selain BST, pemerintah juga berencana mempercepat penyaluran bantuan lainnya. Antara lain Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Percepatan penyaluran bansos dibutuhkan dalam kondisi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat saat ini.

Langkah mengurangi mobilitas dan aktivitas itu membuat sejumlah pihak kesulitan mencari pendapatan.

Tata Sugiarta Sekretaris Perusahaan PT Pos Indonesia (Persero) menyatakan, Pos Indonesia sebagai BUMN berkomitmen memberikan layanan terbaik di tengah pandemi Covid-19.

Karena itu seluruh karyawan sebagai garda depan pelayanan menerima vaksinasi untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga bisa melaksanakan tugas pelayanan dengan aman.

“Karyawan Pos Indonesia sebagai pelayan publik telah diberikan vaksinasi sehingga lebih percaya diri dan aman dalam melayani masyarakat Indonesia sesuai pelayanan publik bidang kurir, logistik dan jasa keuangan. Terutama karyawan kami mengemban tugas distribusi BLT di seluruh Indonesia,” kata Tata.

Terkait BST, Tata Sugiarta menambahkan, kepercayaan yang diberikan pemerintah tak terlepas dari keberhasilan kinerja penyaluran BST 2020 sebesar 97,14 persen.

Sedangkan Bansos Pemerintah Provinsi dan Kabupaten dengan kinerja penyaluran mencapai 96 persen.

Pada 2021 ini dengan moto ‘Bersatu dan Bangkit’ Pos Indonesia berusaha mencapai penyaluran sempurna 100 persen sesuai target Kemensos.(ant/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs