Kamis, 29 Juli 2021

Pra Hospital Effort , Upaya Pencegahan Penularan Covid-19

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Diskusi Gayeng Bareng di Ruang Redaksi bersama Dokter Joni Ketua Tim Kuratif Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Jatim, Heru Tjahjono Sekdaprov Jatim dan Dokter Kohar Ketua Rumpun Tracing Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Jatim, Rabu (17/2/2021). Foto: Anton suarasurabaya.net

Dokter Joni Wahyuhadi Ketua Tim Kuratif Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Jatim mengatakan kemampuan suatu negara dalam menanggulangi Pandemi sangat bervariasi.

Ia mencontohkan, Vietnam dan Kamboja, negara yang lebih kecil dari Indonesia baik dalam luas wilayah dan pendapatannya, namun berhasil dalam menekan laju pertumbuhan Covid-19. Bahkan Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengkategorikan sebagai zona hijau.

“Apa keyword-nya di sana? Kalau kita baca itu pra hospital effort. Jadi upaya sebelum di rumah sakit yaitu pencegahan, jangan sampai tertular dengan menegakkan protokol kesehatan,” kata Dokter Joni dalam Diskusi Gayeng Bareng di Ruang Redaksi bersama Heru Tjahjono Sekdaprov Jatim dan Dokter Kohar Ketua Rumpun Tracing Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Jatim di Suara Surabaya Media, Rabu (17/2/2021).

“Pakai masker, tidak berkerumun, hidup bersih, mencuci tangan. Itu yang digalakkan di negara yang notabene kemampuan finasialnya di bawah Indonesia,” imbuhnya.

Ia pun juga mencontohkan negara India yang masuk kategori kuning oleh WHO.

Salah satu upaya pra hospital effort yang dilakukan oleh Pemerintah yang saat ini tengah dijalankan yaitu PPKM Mikro di tingkat RT. Ia berharap, pencegahan di tingkat RT ini mampu menjadi pra hospital effort.(dfn/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Lahan Kosong Darmo Permai

Antrean Vaksinasi di Grand City Surabaya

Antrean Vaksinasi di Terminal 2 Juanda

Suasana Vaksinasi di Grand City

Surabaya
Kamis, 29 Juli 2021
31o
Kurs