Jumat, 29 Maret 2024

Presiden Pastikan Kesiapan Asrama Haji Pondok Gede sebagai RS Darurat Covid-19

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden bersama Budi Gunadi Sadikin Menkes dan Basuki Hadimuljono Menteri PUPR meninjau persiapan Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur sebagai RS Darurat Covid-19, Senin (6/7/2021) malam. Foto: biro pers setpres

Joko Widodo Presiden, Senin (5/7/2021) malam, meninjau langsung kesiapan Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, yang disiapkan sebagai rumah sakit darurat.

Pengubahan sementara fungsi asrama haji itu merupakan langkah antisipasi peningkatan kebutuhan tempat tidur untuk mengisolasi dan merawat pasien Covid-19.

“Malam hari ini saya sengaja bersama-sama dengan Pak Menteri Kesehatan dan juga Pak Menteri PU meninjau persiapan Asrama Wisma Haji di Pondok Gede yang disiapkan menjadi rumah sakit penanganan Covid. Ini kami siapkan untuk mengantisipasi lonjakan penyebaran Covid di Jakarta dan sekitarnya,” ujar Presiden dalam keterangannya selepas peninjauan.

Di Asrama Haji tersebut, pemerintah menyiapkan 900 tempat tidur isolasi, 50 ICU (intensive care unit), dan 40 HCU (high care unit).

Presiden berharap fasilitas yang disiapkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bisa segera dipergunakan dalam dua hari ke depan.

“Saya sudah perintahkan agar dalam dua hari ini bisa diselesaikan sehingga nantinya hari Kamis (7/7/2021) sudah bisa dipakai dan dioperasikan,” imbuhnya.

Selain di Asrama Haji Pondok Gede, pemerintah juga telah menyiapkan sejumlah tempat untuk isolasi lainnya, antara lain di Rumah Susun Nagrak sebanyak 2.273 tempat tidur dan di Rumah Susun Pasar Rumput sebanyak 3.986 tempat tidur.

Kemudian, pemerintah juga menambah kapasitas Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet sebanyak 1.200 tempat tidur untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19.(rid/dfn/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs