Selasa, 28 September 2021

IGD Penuh, RSUD dr. Soetomo Sarankan Gejala Ringan dan OTG Relokasi ke Asrama Haji dan RSLI

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Sejumlah pasien yang dirawat di RSUD dr. Soetomo Sabtu (26/6/2021) malam. Foto: Antara

RSUD dr. Soetomo menerima tambahan ratusan pasien terkonfirmasi Covid-19, Sabtu (26/6/2021) malam. Penambahan ini sempat mengakibatkan terjadinya penumpukan pasien di depan ruang instalasi gawat darurat (IGD).

“Hari ini (Sabtu malam, red) di IGD hampir 170-an pasien Covid-19 yang sempat membuat adanya penumpukan karena menunggu hasil skrining. Tapi, saat ini sudah terurai,” ujar dr. Pesta Parulian Marulung Kepala PKRS dan Humas RSUD Soetomo Surabaya dikonfirmasi Antara.

Penumpukan tersebut, kata dokter Pesta karena semua pasien Covid-19 baik itu gejala berat, sedang maupun ringan masuk ke rumah sakit dr. Soetomo. Hal ini dikarenakan semua rumah sakit rujukan Covid-19 penuh sehingga tidak bisa menerima pasien.

“Penumpukan kemarin persoalannya adalah semua pasien masuk ke Soetomo, yang gejala ringan pun masuk ke Soetomo. Karena di seluruh rumah sakit penuh, satu-satunya ya di sini,” kata dokter Pesta kepada Suara Surabaya, Minggu (27/6/2021) pagi.

Untuk mengantisipasi agar penumpukan tidak terjadi lagi, pihaknya mengatakan pelayananan di dua IGD RSUD dr. Soetomo yaitu IGD penyakit menular dan IGD umum akan distandarkan Covid-19.

“Pelayanan ini diharapkan mampu menskrining pasien yang datang. Kita pilah mana yang ringan, akan diedukasi untuk relokasi ke Asrama Haji dan Rumah Sakit Lapangan Indrapura,” tambahnya.

Pihaknya tidak bisa memungkiri bila ada pasien gejala ringan yang memilih untuk isolasi di rumah sakit daripada isolasi mandiri di rumah.

Ini, kata dokter Pesta, karena ada masalah yang dihadapi oleh pasien seperti fasilitas rumah yang tidak memadai dan lingkungan rumah yang warganya belum teredukasi untuk menerima pasien Covid-19.

Untuk itu, pihaknya akan mengarahkan agar pasien tanpa gejala dapat diisolasi di RSLI dan Asrama Haji.

“Pasien tanpa gejala kita akan coba arahkan relokasi di RS Lapangan dan Asrama Haji yang akan diberikan kepada rumah sakit Soetomo untuk menseleksi pasien tersebut. Bagi pasien ringan yang tidak bisa isolasi mandiri di rumah akan dibantu mengantarkan ke RS Lapangan dan Asrama Haji,” jelas dokter Pesta.

Hingga hari ini tercatat sebanyak 354 pasien Covid-19 dirawat di RSUD dr. Soetomo. Dan masih ada yang dalam proses pemindahan ke dalam ruangan sebanyak 60 pasien dari IGD. RSUD dr. Soetomo juga bersiap untuk merujuk pasien ke Asrama Haji.

Pihaknya juga memastikan keamanan perawatan untuk pasien non Covid. Salah satu caranya adalah memaksimalkan gedung yang pemakaiannya rendah untuk perawatannya.

“Kita banyak gedung, utilitas gedung yang rendah dimaksimalkan untuk menampung pasien non Covid agar mereka teramankan dari pasien Covid. Sementara area yang bisa digunakan untuk penampungan pasien Covid kita maksimalkan tata udaranya,” tutupnya.

Sebelumnya diberitakan, RSUD dr. Soetomo membuka enam ruangan dan meredesain gedung parkir yang ada di instalasi layanan penyakit menular dr Soetomo untuk penanganan pasien Covid-19.(dfn/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Mobil Terperosok di depan RSAL dr Ramelan A.Yani

Antre Vaksin di T2 Juanda

Kebakaran Lahan Kosong Darmo Permai

Surabaya
Selasa, 28 September 2021
32o
Kurs