Selasa, 11 Mei 2021

Presiden Perintahkan Langkah Tanggap Darurat Gempa Bumi di Jawa Timur

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden saat menyampaikan keterangan tentang bencana di Jatim di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu (11/4/2021). Foto: Biro Setpres

Joko Widodo Presiden menginstruksikan Kepala BNPB, Basarnas, Kapolri, Panglima TNI, serta kementerian/lembaga terkait untuk menangani bencana gempa bumi yang terjadi di Jawa Timur, Sabtu (10/4/2021) kemarin.

Dalam keterangan yang disampaikan Minggu (11/4/2021) sore ini di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Presiden berbelasungkawa atas jatuhnya korban jiwa akibat bencana alam di Jatim.

“Saya juga tadi mendapatkan laporan terjadi gempa susulan pagi hari tadi. Saya sudah perintahkan jajaran terkait segera melakukan langkah-langkah tanggap darurat, mencari dan menemukan korban yang tertimpa reruntuhan serta segera melakukan perawatan pada korban luka-luka,” ujarnya.

Lebih lanjut, Presiden mengingatkan seluruh kepala daerah meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat menghadapi bencana alam.

Jokowi bilang, Indonesia adalah negara yang berada di area Cincin Api Pasifik (ring of fire). Sehingga, bencana alam seperti gempa bumi bisa terjadi setiap saat.

“Saya mengingatkan gubernur, bupati, dan wali kota untuk terus mengimbau masyarakat mempererat kerja sama dan meningkatkan kesiapsiagaan, kewaspadaan akan datangnya bencana,” tegasnya.

Seperti diketahui, gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 6,1 yang mengguncang wilayah Jawa Timur Sabtu (10/4/2021) siang mengakibatkan delapan orang meninggal dan sejumlah korban luka-luka.

Selain itu, gempa bumi juga membuat ribuan bangunan rumah dan fasilitas umum mengalami kerusakan ringan sampai rusak berat.(rid/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Wadungasri Macet

Kecelakaan di Gunungsari

Kecelakaan di Manyar Gresik

Truk Terguling, Solar Menggenangi Jalan

Surabaya
Selasa, 11 Mei 2021
28o
Kurs