Kamis, 28 Maret 2024

Proses Izin Vaksin Sputnik V Rusia dari WHO Masih Tertahan

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Seorang perawat mempersiapkan vaksin Rusia "Sputnik-V" melawan penyakit virus corona (COVID-19) untuk suntikan tahap uji coba pasca-pendaftaran di sebuah klinik di Moskow, Rusia, Kamis (17/9/2020). Foto: Reuters/Tatyana Makeyeva

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Rabu (13/10/2021) mengatakan, proses Daftar Penggunaan Darurat (EUL) untuk vaksin Covid-19 Sputinik V Rusia masih tertahan. Proses izin masih menunggu kelengkapan data dan prosedur hukum yang diharapkan WHO.

“Kami bekerja hampir setiap hari bersama Kementerian Kesehatan Rusia untuk menyelesaikan masalah yang tersisa, yang mesti dipenuhi oleh Russian Direct Investment Fund,” kata Mariangela Simao asisten dirjen WHO untuk akses ke obat-obatan dan produk kesehatan.

Simon mengatakan bahwa begitu ada kesepakatan yang dicapai, WHO akan membuka kembali pengajuan tersebut dan mengevaluasi datanya, kendati masih belum lengkap dan melanjutkan inspeksi lokasi manufaktur di Rusia.

“Semua pengajuan yang kami terima, dibahas dengan cara yang sama,” katanya seperti yang dilansir Antara tanpa menyebutkan waktu pastinya kapan proses EUL rampung.

Mikhail Murashko Menteri Kesehatan Rusia awal Oktober ini mengatakan bahwa semua rintangan untuk mendaftarkan vaksin ke WHO sudah teratasi dan hanya beberapa berkas yang mesti dilengkapi.(ant/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
32o
Kurs