Selasa, 5 Juli 2022

PT KAI Daop 8 Operasionalkan Kembali KA Jarak Jauh dengan Prokes Ketat

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Pemeriksaan kesehatan wajib dilakukan calon penumpang kereta api sebelum melakukan perjalanan. Foto: Totok/dok. suarasurabaya.net

Terkait diberlakukannya pengetatan pasca larangan mudik Lebaran pada tanggal 18-24 Mei 2021, PT KAI kembali mengoperasikan kereta api jarak jauh ke berbagai daerah.

Kereta Api penumpang jarak jauh yang beroperasi sebanyak 31 KA, terdiri dari 8 KA berangkat dari Stasiun Surabaya Pasarturi, 15 berangkat dari Stasiun Gubeng dan 8 berangkat dari Stasiun Malang.

“Untuk perjalanan jarak jauh kami operasionalkan kembali. Tetapi tetap dengan ketentuan protokol kesehatan yang ketat bagi penumpang. Hal ini wajib dipatuhi oleh masyarakat yang akan melakukan perjalanan dengan moda transportasi kereta api,” terang Luqman Arif Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Selasa (18/5/2021).

Sesuai dengan Addendum SE 13 Tahun 2021, Pelanggan KA Jarak Jauh harus melampirkan surat keterangan bebas Covid-19 berupa surat keterangan negatif RT-PCR atau Rapid Test Antigen atau GeNose C19 yang diambil dalam kurun waktu maksimal 1×24 jam.

Untuk membantu melengkapi syarat surat bebas Covid-19 tersebut, KAI menyediakan layanan Rapid Test Antigen di 5 stasiun dan pemeriksaan GeNose C19 di 7 stasiun.

Di Daop 8 Surabaya, ada 7 Stasiun yang melayani pemeriksaan Genose, yaitu Stasiun Bojonegoro, Lamongan, Surabaya Pasarturi, Surabaya Gubeng, Mojokerto, Sidoarjo dan Stasiun Malang. Sedang untuk pemeriksaan Antigen ada 5 Stasiun, yaitu Stasiun Surabaya Pasarturi, Surabaya Gubeng, Sidoarjo, Mojokerto dan Stasiun Malang.

“KAI mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah mematuhi aturan dan persyaratan yang ditetapkan selama masa peniadaan mudik. Terus terapkan protokol kesehatan secara konsisten dan disiplin untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” pungkas Luqman.(tok/dfn/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Selasa, 5 Juli 2022
26o
Kurs