Jumat, 29 Maret 2024

PT PAL Luncurkan Kapal Rumah Sakit Pesanan TNI AL

Laporan oleh Achmad Zainal Alim
Bagikan
Peresmian peluncuran Kapal Bantu Rumah Sakit (BRS). Foto: Antara /H.O PT PAL Indonesia

PT PAL Indonesia (Persero) meluncurkan Kapal Bantu Rumah Sakit (BRS) pesanan TNI AL dan diberi nama Kapal dr Wahidin Soedirohusodo.

Etty Soewardani, Plt Direktur Utama PT PAL Indonesia dalam keterangan persnya di Surabaya, Jumat, mengatakan sesuai dengan namanya, BRS memiliki kemampuan setara Rumah Sakit Tipe C , ditambah sejumlah peralatan medis seperti CT Scan dan X-Ray, hingga ruang Isolasi yang bermanfaat dalam penanggulangan Covid-19.

Menurut dia, Kapal BRS memiliki spesifikasi panjang 124 meter, lebar 21,8 meter, dan “displacement” 7.290 ton, dilansir Antara, Sabtu (9/1/2021).

Kapal patroli cepat 40 M ini juga memiliki spesifikasi panjang 45,5 meter, lebar 7,9 meter, dan bobot 220 ton.

“Kapal ini dilengkapi dengan dua unit radar dan senjata meriam 30 mm. Dengan 120 awak dan 66 tenaga medis, kapal ini mampu melaksanakan misi operasi setara rumah sakit tipe C,” katanya.

Kemampuan tersebut ditunjang dengan fasilitas poliklinik rawat jalan (umum, mata, gigi), UGD, ruang operasi, ruang rawat inap, dan unit radiologi.

“Kapal ini juga mampu menggerakkan mobilitas untuk pelaksanaan misi evakuasi medis juga ditunjang dengan kemampuan mengangkut helikopter medis, ‘ambulance boat’, dan LCVP,” katanya.

Sementara itu, Kapal BRS merupakan salah satu bukti pengembangan teknologi rancang bangun kapal dari tipe LPD (Landing Platform Dock) dan telah mendapatkan sertifikat paten/HAKI atas desain teknologi tersebut.(ant/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
25o
Kurs