Minggu, 24 Januari 2021

Puskesmas di Surabaya Siap Jalankan Vaksinasi

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Salah satunya petugas Puskesmas Krembangan Selatan, yang mengambil 9 dosis Sinovac pada Kamis (14/1/2021). Foto: Abidin suarasurabaya.net

Petugas puskesmas di Kota Surabaya mulai mengambil vaksin Covid-19 Kamis (14/1/2021) hari ini untuk persiapan vaksinasi tenaga kesehatan (nakes) mulai Jumat, 15 Januari 2021 besok.

Salah satunya petugas Puskesmas Krembangan Selatan yang telah mengambil 9 dosis vaksin Sinovac dari pusat penyimpanan vaksin di UPTD Gudang Farmasi, Jalan Rungkut Puskesmas No.7 Surabaya.

Dokter Dayanti Dadiningrum Kepala Puskesmas Krembangan Selatan mengatakan, pengambilan vaksin hari ini sesuai daftar yang akan divaksin hari Jumat besok sampai Minggu. Sembilan orang tersebut meliputi dua petugas puskesmas dan tenaga kesehatan lain yang masuk daftar vaksinasi.

“Tadi ambil 9 vaccin, untuk vaksinasi tanggal 15: 3 orang, tanggal 16: 4 orang, dan Tanggal 18: 2 orang,” kata Dayanti.

Dayanti menambahkan, dari 57 petugas puskesmas di tempatnya, yang masuk jadwal vaksinasi besok sebanyak dua orang.

“Petugas lainnya masuk jadwal hari berikutnya. Sesuai SMS blast dari pusat yang dikirim ke masing-masing nakes,” ujar Dayanti kepada suarasurabaya.net.

Menurut Dayanti, pengambilan vaksin dilakukan petugas dengan protokol vaksinasi. Vaksin dibawa menuju Puskesmas dengan vaccine carrier box. Setelah sampai langsung disimpan di mesin pendingin di Puskesmas.

Dayanti memastikan tempat penyimpanan vaksin di Puskesmas aman, Karena mesin pendingin itu biasa digunakan untuk penyimpanan vaksin imunisasi.

“Pengambilan vaksin harus sesuai kebutuhan yang terjadwal,” katanya.

Sekadar diketahui, mulai Jumat 15 Januari 2021 Kota Surabaya akan menggelar vaksinasi Covid-19 secara serentak. Diawali dengan pencanangan vaksinasi di Balai Kota Surabaya pukul 08.30 WIB yang diikuti 14 orang termasuk Forpimda Surabaya.

Setelah pencanangan vaksinasi itu, barulah diikuti vaksinasi tenaga kesehatan (nakes) di 109 fasilitas layanan kesehatan yang teridiri 63 puskesmas dan 46 rumah sakit.

Febria Rachmanita Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya mengatakan, jumlah vaksin yang dibutuhkan Surabaya sebanyak 33.023 untuk nakes yang sudah terdaftar. Jumlah nakes itu sudah berdasarkan entry data yang dilakukan untuk menjadi calon penerima. Dinkes telah menghitung pola vaksinasi pada nakes.

“Jika sudah proses vaksinasi, ditargetkan, sebanyak 33.023 nakes dapat rampung dalam tiga minggu. Artinya, dalam seminggu proses suntik vaksin dapat dilakukan 10.000 vaksin,” katanya. (bid/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pak Nunut Pak …

Jelang Tol Manyar Banjir

‘Ranjau’ di Bawah Layang Trosobo

Empat Stand Pasar Ikan Hias Gunung Sari Terbakar

Surabaya
Minggu, 24 Januari 2021
28o
Kurs