Jumat, 28 Januari 2022

Rayakan HUT RI, Komunitas Moge Bagi-bagi Uang Rp 76 Ribu ke Seribu Pengguna Jalan di Surabaya

Laporan oleh Anton Kusnanto
Bagikan
Anggota HDCI Surabaya membagikan uang senilai Rp 76 ribu ke seribu pengguna jalan di Surabaya, saat perayaan HUT RI ke 76, Selasa (17/8/2021). Foto: Anton suarasurabaya.net

Setidaknya 120 anggota Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) Surabaya melakukan rolling thunder, atau kegiatan keliling di dalam kota, dengan membagikan seribu bingkisan berupa uang senilai Rp76 ribu pada peringatan HUT ke-76 RI, Selasa (17/8/2021).

Acara diawali dengan mengheningkan cipta secara serentak di depan Kantor Gubernur Jawa Timur Jalan Pahlawan Surabaya pada pukul 10.17 WIB.

Selesai mengheningkan cipta selama tiga menit, selanjutnya rombongan dibagi menjadi sepuluh kelompok untuk berkeliling Kota Surabaya dengan membagikan uang kepada sasaran.

Rute yang dipilih berbeda untuk masing-masing kelompok, di antaranya Jagir, Margomulyo, Waru, HR Muhammad, Wiyung, hingga Kapasan.

Tony Wahyudi, ketua HDCI Surabaya mengatakan, tujuan diadakan kegiatan ini untuk meringankan beban warga yang terdampak pandemi, khususnya untuk warga yang masih harus bekerja di jalanan seperti ojek online, penarik becak, penyapu jalanan, penjual pinggir jalan, dan sebagainya.

Aktivitas ini sempat menarik perhatian pengguna jalan, dan tak jarang mereka juga mendapatkan bingkisan uang yang dibagikan. Seperti Nuri yang saat bagi-bagi sedang melintasi daerah Kapasan.

“Saat melewati Jalan Kapasan ada rombongan moge bagi-bagi uang ke tukang becak, ketika saya berhenti ternyata dikasih juga. Alhamdulillah, berkah tujuh belasan,” ujarnya tak bisa menyembunyikan kegembiraan.

Yudi menegaskan acara bakti sosial ini sudah menjadi agenda rutin tiap dua bulan yang diselenggarakan komunitas.

“Setiap tahun, kami juga menjadi orang tua angkat bagi enam sampai delapan anak, yang kami biayai sekolahnya,” ujar Yudi.

Yudi mengaku, selama pandemi aktivitas touring jarak jauh diganti dengan rolling thunder yang lebih bersifat keliling dalam kota sambil berbagi ke sesama. Sebelumnya, HDCI juga pernah berbagi paket sembako lewat Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

“Di masa pandemi ini kita juga telah memberikan dua unit ambulans yang operasional sepenuhnya diserahkan kepada PMI Surabaya,” kata Yudi.

Dalam waktu dekat, HDCI juga sudah menunjuk lokasi untuk merencanakan pembangunan masjid baru di Surabaya.

“Lewat acara-acara sosial seperti ini kita ingin menularkan semangat berbagi kepada masyarakat, termasuk mengajak klub motor lain agar lebih banyak berbuat untuk masyarakat,” kata Yudi.(ton/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Senja Penutup Tahun

Truk Derek Ringsek Setelah Tabrak Truk Gandeng Parkir

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Surabaya
Jumat, 28 Januari 2022
25o
Kurs