Kamis, 28 Maret 2024

Redefinisi Pahlawan Masa Kini di Suara Surabaya Pahlawan Fest 2021

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Gelar wicara di Suara Surabaya Pahlawan Fest 2021 di Suara Surabaya Center, Sabtu (13/11/2021). Foto: Denza suarasurabaya.net

Kalau pahlawan di masa perjuangan harus memanggul senjata, harus terjun ke medan pertempuran atau adu pemikiran untuk melawan tirani penjajah, makna pahlawan masa kini telah mengalami redefinisi.

Dalam gelar wicara (talk show) Suara Surabaya Pahlawan Fest (SSPF) 2021, Sabtu (13/11/2021) ada sejumlah pentolan komunitas yang diajak ngobrol sial kegiatan dan kreativitas masing-masing.

Dua di antara perwakilan komunitas yang tampil adalah Manasi Ride dan Millenial Job Center. Ada Nafiq dari Manasi Ride dan Mas Bandi perwakilan MJC Malang yang menjelaskan kegiatan masing-masing.

Nafiq menjelaskan, Manasi Ride bukanlah komunitas, melainkan lebih kepada movement (gerakan) yang menjadi wadah pecinta motor custom, clasic, maupun motor sport, termasuk para pelaku industri kreatif lokal.

“Tidak ada syarat khusus untuk bergabung dengan kegiatan kami. Saat kami umumkan kegiatan di Instagram @manasi_ride, siapa saja yang berminat bisa langsung datang,” ujar Nafiq.

Menurutnya, di Manasi Ride ada banyak pelaku industri kreatif otomotif yang turut serta dalam berbagai kegiatan. Baik touring maupun kegiatan kopi darat sembari kampanye keselamatan berkendara.

“Kami menggandeng kreator lokal, baik para builder (motor custom), juga para kreator fashion perlengkapan motor. Jadi sebenarnya, semua perlengkapan baik grid sampai helm produk dalam negeri kita sudah sangat berkualitas,” ujar Nafiq.

Di tengah Pandemi Covid-19, kegiatan tatap muka Manasi Ride memang dibatasi. Namun, mereka tidak lantas hilang begitu saja, justru semakin banyak kegiatan kampanye keselamatan berkendara dan juga protokol kesehatan saat berkendara.

Sementara Mas Bandi perwakilan MJC menjelaskan. Program Pemprov Jatim yang sudah dimulai sejak pertengahan 2019 itu kini diikuti oleh lebih dari 1.800 orang calon kreator di lima Bakorwil di Jatim.

“Targetnya sebenarnya 3.000 orang, tapi karena Pandemi Covid-19 memang banyak kegiatan yang sedikit dikurangi. Tapi itu tidak mematahkan semangat teman-teman yang mengikuti inkubasi,” ujarnya.

MJC adalah program inkubasi yang bertujuan melahirkan anak-anak muda Jatim sebagai kreator profesional yang akan terjun secara profesional dalam persaingan gig ekonomi nasional maupun internasional.

Wahyu Rabbani Penyiar Radio Suara Surabaya yang menjadi Pemandu Gelar Wicara itu menanyakan kepada kedua perwakilan komunitas itu tentang arti pahlawan bagi mereka.

“Bagi saya, pahlawan itu adalah mereka yang dengan kreativitasnya mengajak sesama untuk bebas berkarya dan terus membangkitkan asa untuk bergerak bersama-sama,” ujar Nafiq dari Manasi Ride.

“Kalau buat saya, orang yang bisa membawa perubahan, seperti anak-anak muda yang berhasil menelurkan startup dan bermanfaat bagi masyarakat, mereka termasuk pahlawan masa kini. Termasuk Manasi Ride ini yang terus bergerak mengajak anak muda tetap kreatif dan berkarya,” ujar Mas Bandi dari MJC.

Makna pahlawan memang beragam. Tapi nilai-nilai kepahlawanan, yang mana di dalamnya termuat nilai kejujuran, kepedulian, dan juga semangat memperjuangkan kemerdekaan itulah yang perlu terus dimaknai agar meresap di dalam hati setiap masyarakat. Bagaimana makna pahlawan menurut Anda?(den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs