Rabu, 24 April 2024

Ribuan Driver Ojek Online Turun ke Jalan Tuntut Bantuan Jaring Pengaman Sosial

Laporan oleh Anton Kusnanto
Bagikan
Rombongan pengunjuk rasa dari Front Driver Online Tolak Aplikator Nakal (Frontal), Selasa ini (6/4/2021) mengadakan aksi unjuk rasa turun ke jalan. Foto: Anton suarasurabaya.net

Rombongan pengunjuk rasa dari Front Driver Online Tolak Aplikator Nakal (Frontal), Selasa ini (6/4/2021) mengadakan aksi turun ke jalan. Menggunakan sepeda motor, rombongan bergerak dari titik kumpul di Jalan Ahmad Yani.

Beberapa lokasi pemberhentian longmarch yang mereka datangi antara lain Kantor Dishub – Kantor Diskominfo – Polda Jatim – Pertamina – Kantor Gojek – Kantor Grab, sebelum akhirnya menuju Kantor DPRD Jatim dan Kantor Pemprov Jatim di Jalan Pahlawan.

Aksi ini merupakan aksi unjuk rasa lanjutan yang pernah mereka laksanakan. Tuntutan yang mereka sampaikan masih sama, antara lain meminta bantuan jaring Pengaman Sosial (JPS) tahun 2021, BBM bersubsidi untuk driver online, serta potongan 20 persen yang dikenakan pada driver online tiap kali orderan masuk lewat aplikasi.

Mereka juga menuntut alokasi dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan aplikasi untuk driver, serta standar tarif netto untuk driver online.

Menurut Daniel Lukas Rorong, Humas Frontal, sebelumnya mereka sudah membuat surat permohonan pengajuan bansos dan dikirim kepada Gubernur Jawa Timur. Sayangnya surat bertanggal 1 Maret 2021 itu belum ada respon dari Gubernur Jawa Timur.

“Untuk itu hari ini frontal menggelar aksi turun ke jalan untuk meminta tanggapan dari Gubernur Jawa Timur dan dinas-dinas terkait,” ujar Daniel.

Dari pantauan, aksi sempat memacetkan jalan menuju kantor Gojek di Jalan Ngagel, dan di depan Kantor DPRD Jatim.

Di depan Kantor DPRD masa sempat berorasi, untuk menjemput anggota DPRD dan meminta mereka menemani aksi yang dipusatkan di Kantor Gubernur Jatim. (ton/iss/bid)

Rombongan pengunjuk rasa dari Front Driver Online Tolak Aplikator Nakal (Frontal), Selasa ini (6/4/2021) mengadakan aksi unjuk rasa turun ke jalan. Foto: Anton suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
26o
Kurs