Kamis, 18 April 2024

RT di Surabaya Bebas Zona Oranye dan Merah

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Ilustrasi. Vaksinasi lansia di Kota Surabaya. Foto: istimewa

Perkembangan kondisi Covid-19 di Kota Surabaya diklaim terus menunjukkan penurunan. Bahkan, tidak ada lagi zona merah maupun zona orange di tingkat Rukun Tetangga (RT) di Surabaya

dr Makhyan Jibril, Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Jawa Timur mengatakan, setelah program Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro (8/3/2021) lalu, kondisi Coivid-19 di Surabaya berdasarkan data per RT melandai. Menurutnya, zona hijau di Surabaya ada di 8.981 RT dan zona kuning ada di 194 RT.

“Tidak ada zona oranye maupun zona merah di Surabaya alias nol,” katanya dihubungi Suara Surabaya Media, Kamis (11/3/2021).

Jibril mengatakan, jumlah kasus harian dan kematian akibat Covid-19 secara umum di Jatim juga telah menurun. Sebelum PPKM rata-rata meninggal 60-80 per hari, setelah PPKM menurun menjadi 20-30 kasus per hari. Demikian juga penambahan kasus per hari pasien yang terkonfirmasi Covid-19 mengalami penurunan.

“Jika sebelum PPKM rata-rata 800-1000 kasus, sekarang sudah turun menjadi 300-500 kasus per hari,” katanya.

Dia juga mengatakan, hampir di semua rumah sakit rujukan di Jatim juga mengalami penurunan pasien Covid-19. Pun juga ruang isolasi, yang sebelumnya 79 persen sekarang turun 37 persen.

Jibril mengatakan, hasil yang menggembirakan ini menunjukkan kerja sama efektif berbagai pihak. Seperti aparat yang melakukan penegakan hukum, pemerintah yang melakukan program penanggulangan dan pengendalian, dan partisipasi masyarakat yang menjalankan protokol kesehatan.

“Adanya vaksinasi, terutama terhadap sasaran petugas kesehatan dan sebagian lanjut usia (lansia) menjadi salah satu faktor keberhasilan Surabaya keluar dari zona merah,” katanya. (man/bid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
29o
Kurs