Selasa, 23 April 2024

Rumah Sakit di Jatim Waspada Ancaman Omicron

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi. Virus Conora Varian Omicron. Grafis: Gana suarasurabaya.net

Dokter Dodo Anondo Ketua Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) Jawa Timur menyatakan semua rumah sakit di Jatim saat ini berstatus waspada menghadapi lonjakan kasus Covid-19.

Baik itu yang disebabkan varian Omicron atau gelombang ketiga.

Meski sampai saat ini studi mendalam tentang varian ini masih terus dilakukan, itu tidak mengurangi kewaspadaan Persi soal potensi lonjakan kasus.

“Varian Omicron ini kita memang belum fix betul. Kami masih akan berkoordinasi dengan IDI, Kemenkes, keganasannya bagaimana. Perlu kita perhatikan semuanya. RS saat ini tetap waspada apakah itu gelombang ketiga atau Omicron, kita siap,” kata Dokter Dodo saat mengudara di Radio Suara Surabaya, Jumat (17/12/2021).

Untuk mengantisipasi itu, pihaknya mengaku sudah mengingatkan rumah sakit di bawah naungan Persi untuk mempersiapkan di antaranya tempat tidur, oksigen, dan obat-obatan.

Bahkan ini sudah dilakukan sejak dua bulan lalu, saat diprediksi akan terjadi lonjakan kasus Covid-19 gelombang ketiga saat akhir tahun.

“Saat itu kita menyampaikan untuk persiapan mulai dari tempat tidur, oksigen obat-obatan. Terutama rumah sakit begitu landai waktu itu banyak yang mengkonversi ruangan isolasi khusus untuk yang non covid,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu dokter Dodo juga menyampaikan agar semua pihak tetap waspada dan menegakkan protokol kesehatan agar tidak sampai terjadi lonjakan kasus.

“Kita akan tetap koordinasi dengan teman-teman dari rumah sakit. Dan yang penting tidak menimbulkan kegaduhan,” pungkasnya.(dfn/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
27o
Kurs