Sabtu, 15 Mei 2021

Sambutan di HUT ke-50 IAP, Presiden: Perencanaan Bukan Sekedar Membangun Bangunan

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Presiden Joko Widodo saat memberikan sambutan secara virtual pada peringatan hari ulang tahun ke-50 Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Indonesia, Sabtu (18/4/2021) Foto: BPMI Setpres

Pada peringatan hari ulang tahun Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Indonesia yang ke-50, Joko Widodo Presiden memberikan sambutan yang menyebutkan bahwa perencanaan bukan sekedar membangun bangunan tapi perencaan adalah membangun tempat hidup yang nyaman bagi masyarakat.

“Jangan sampai perencanaan hanya silau dengan perkembangan teknologi yang tidak diintegrasikan dengan kebutuhan dasar masyarakat,” kata Presiden dilansir dari laman Setpres, Minggu (18/4/2021).

Presiden memandang bahwa perencanaan harus mempertimbangkan budaya masyarakat, struktur ekonomi masyarakat, sejarah dan aspek-aspek lain sehingga tidak membuat masyarakat terasing di kampungnya sendiri.

Presiden juga memberikan contoh istilah kota pintar (smart city) dan rumah pintar (smart home) yang sering kali diartikan sebagai smart digital city yang hanya diartikan sebagai kota mengoptimalkan internet of thing. Menurutnya, hal yang paling mendasar dari kota pintar adalah desainnya yang smart dan harus memili kekhasan sendiri.

Smart secara kultural, smart secara sosial, dan smart secara ekonomi. Dan kemudian ditopang oleh teknologi termasuk otomasi internet of things yang meningkatkan kebahagiaan warganya,” jelasnya.

Maka dari itu, Presiden meminta agar segala hal perlu dirancang dengan matang sehingga akan berkontribusi besar terhadap kualitas hidup warga, lingkungan, kegiatan ekonomi, sosial, budaya serta terhadap citra Indonesia dikancah Internasional. (frh/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Wadungasri Macet

Kecelakaan di Gunungsari

Kecelakaan di Manyar Gresik

Truk Terguling, Solar Menggenangi Jalan

Surabaya
Sabtu, 15 Mei 2021
32o
Kurs