Sabtu, 15 Mei 2021

Sampai 3 Mei, 12.545.372 Orang Sudah Divaksin Covid-19

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ma'ruf Amin Wakil Presiden saat menerima vaksinasi dosis kedua, Rabu (17/3/2021) di rumah dinas Wapres. Foto: Setwapres

Secara keseluruhan 12.545.372 orang telah divaksin Covid-19 yang terdiri dari petugas kesehatan, petugas layanan publik, serta para penduduk lanjut usia.

Berdasarkan data Satuan Tugas Penanganan Covid-19 yang dilaporkan Antara, Senin (3/5/2021), angka itu menunjukkan telah terjadi penambahan 88.208 orang yang mendapatkan dosis pertama vaksin Covid-19 dibandingkan hari sebelumnya (Minggu, 2/5).

Sementara itu tercatat sebanyak 7.827.196 orang di antaranya telah menjalani vaksinasi kedua atau bertambah 148.711 orang.

Dengan penambahan itu maka 31,09 persen dari total 40.349.049 orang target sasaran vaksinasi tahap I dan tahap II telah mendapatkan dosis pertama Covid-19. Sementara baru 19,39 persen yang tercapai untuk vaksinasi dosis kedua.

Secara terpisah, Kementerian Kesehatan mempersingkat alur vaksinasi Covid-19 sehingga diharapkan dapat mempersingkat waktu pelaksanaan penyuntikan vaksin.

“Kita sudah mengubah proses vaksinasi yang tadinya empat meja menjadi dua meja. Jadi tadi pagi sudah dilihat Bapak Presiden di Thamrin City dan Grand Indonesia, dari empat meja menjadi dua meja dan waktu tunggunya bisa 15 menit,” kata Budi Gunadi Menteri Kesehatan, dalam konferensi pers di Kantor Presiden Jakarta, Senin (3/5/2021).

Sebelumnya dalam proses vaksinasi ada empat meja yang harus didatangi orang yang akan divaksin yaitu meja pertama adalah untuk verifikasi data dengan menunjukkan nomor tiket elektronik (e-ticket) dan/atau KTP. Petugas selanjutnya memverifikasi di aplikasi Pcare Vaksinasi (pada komputer/laptop/HP) atau secara manual.

Meja kedua adalah pemeriksaan fisik sederhana meliputi suhu tubuh dan tekanan darah serta menanyakan kondisi penyerta (komorbid) orang yang akan divaksinasi.

Meja ketiga adalah penyuntikan vaksin di lengan sebelah kiri atau sesuai prinsip penyuntikan aman. Petugas lalu menuliskan nama sasaran, NIK, nama vaksin dan nomor batch vaksin pada memo untuk diberikan kepada petugas di meja empat.

Meja keempat adalah pencatatan hasil vaksinasi yaitu jenis vaksin dan nomor batch vaksin ke aplikasi. Petugas lalu memberikan kartu vaksinasi kepada peserta vaksinasi setelah melalui waktu 30 menit observasi.(ant/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Wadungasri Macet

Kecelakaan di Gunungsari

Kecelakaan di Manyar Gresik

Truk Terguling, Solar Menggenangi Jalan

Surabaya
Sabtu, 15 Mei 2021
32o
Kurs