Jumat, 26 April 2024

Sejumlah Ruas Jalan di Tulungagung Rusak

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Sejumlah pengendara melintas di jalan yang rusak di jalaur Sodo, Pakel menuju Kecamatan Bandung, Tulungagung Foto: Antara

Sejumlah ruas jalan raya di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Jumat, terpantau rusak parah karena hujan hingga mengakibatkan arus lalu lintas terganggu dan mengalami pelambatan.

Dua jalan poros yang mengalami kerusakan parah di antaranya ada di jalur Tulungagung-Blitar melalui kecamatan Ngantru, serta jalan raya Sodo-Pakel-Bandung.

Kerusakan juga terjadi di jalan raya menuju Pantai Popoh di Desa Gamping yang sempat mengalami banjir bandang. “Semua kerusakan sudah kami lakukan pendataan. Kita akan lakukan perbaikan segera,” kata Bupati Tulungagung Maryoto Birowo di Tulungagung.

Dalam rapat koordinasi sebelumnya, ia telah menginstruksikan kepada Dinas Binamarga untuk bergerak cepat melakukan tahapan perbaikan. Skenario aksi sudah dipaparkan, kini tinggal pelaksanaan yang disesuaikan dengan kondisi cuaca.

“Nanti kalau intensitas hujan sudah berkurang, cuaca mendukung, akan segera diperbaiki,” katanya.

Satu unit alat berat bahkan telah dikerahkan untuk mengeruk lumpur yang menutup sebagian badan jalan di jalur menuju Pantai Popoh, tepatnya di titik ruas jalan Desa Gamping, Kecamatan Campurdarat.

Penambalan jalan juga mulai dilakukan di beberapa tempat, dengan metode tambal sulam.

Perbaikan jalan tentunya memperhatikan kriteria kerusakan jalan. Jika jalan dirasa sudah rusak parah dan sudah tidak bisa dilewati lagi, maka akan segera diperbaiki.

Terutama jalan penghubung antara kecamatan dan kabupaten.

Dikonfirmasi terpisah, Robinson Nadeak Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Tulungagung mengatakan perbaikan ruas jalan Sodo–Bandung dan Bandung–Besuki sudah diagendakan tahun ini.

Untuk kerusakan lain akan digunakan dana tanggap darurat bencana yang ada di Dinas PUPR. Tidak hanya untuk ruas jalan milik kabupaten, tetapi juga ruas jalan provinsi dan bahkan nasional yang belum tersentuh perbaikan segera dari satuan kerja terkait.

“Ya karena lokasi jalannya ada di Tulungagung, yang pakai juga warga sendiri, jadi untuk kedaruratan sementara kita bantu perbaiki suoaya tidak menimbulkan kecelakaan lalu lintas,” ujarnya.

Namun Robinson tidak menyebut detail anggaran yang dipersiapkan, maupun volume kerusakan jalan dengan alasan masih proses pendataan.

Kata dia, anggaran perbaikan kedua jalan nantinya akan bersumber dari DAK (Dana Alokasi Khusus).(ant/iss/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs