Jumat, 1 Juli 2022

Sekarang Masyarakat Bisa Mengecek Ketersediaan Vaksin Covid-19 di Situs Ini

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Vaksin Sinovac tiba di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (16/8/2021). Foto: Antara

Siti Nadia Tarmizi Juru Bicara Kementerian Kesehatan urusan Vaksinasi Covid-19 mengatakan, pemerintah terus berupaya menambah ketersediaan vaksin untuk masyarakat. Pada Agustus ini, rencananya akan datang 72 juta dosis vaksin impor, dan 70 juta dosis lagi pada September. Sehingga, sampai akhir 2021 nanti Indonesia bisa mendapat 258 juta dosis.

Supaya masyarakat bisa sama-sama mengetahui ketersediaan vaksin di Tanah Air, pemerintah memberikan kemudahan akses informasi yang bisa lebih mudah diakses.

Dalam keterangan pers virtual, Kamis (19/8/2021), Dokter Nadia bilang, sekarang masyarakat bisa mengecek ketersediaan vaksin di daerah masing-masing dengan mengakses situs web resmi Kementerian Kesehatan.

Melalui alamat ini, setiap orang bisa memantau stok vaksin yang tersedia di pusat dan yang sudah terdistribusi ke kabupaten/kota.

“Kami mempermudah masyarakat dalam memantau estimasi ketersediaan stok vaksin, dan update jumlah vaksin berdasarkan wilayah satuan terkecil adalah kabupaten dan kota. Masyarakat bisa dengan mudah mengakses dashboard kemenkes melalui link www.vaksin.kemkes.go.id/#/vaccines,” ujar Siti Nadia.

Sekadar informasi, untuk sementara ini total vaksin Covid-19 yang sudah ada di Indonesia sebanyak 190 juta dosis. Jumlah itu terdiri dari 45,3 juta dosis bentuk jadi, dan 144,7 juta bahan baku.

Rinciannya, 144,7 juta bahan baku merupakan Vaksin Sinovac, dan 13 juta lainnya dosis vaksin bentuk jadi.

Kemudian, Vaksin AstraZeneca sebanyak 16,1 juta dosis, Vaksin Sinopharm 8,2 juta dosis, dan Vaksin Moderna sebanyak delapan juta dosis.

Data Kementerian Kesehatan sampai Rabu (18/8/2021) kemarin, Penduduk Indonesia yang sudah mendapat suntikan vaksin Covid-19 dosis pertama sebanyak 55,1 juta orang.

Sementara penduduk yang sudah menerima vaksin dosis kedua baru sekitar 29,4 juta dari target 208 juta orang yang tersebar di seluruh penjuru Tanah Air.(rid/tin/den)

Berita Terkait

Surabaya
Jumat, 1 Juli 2022
32o
Kurs