Kamis, 28 Maret 2024

Selesai Operasi Kanker Prostat, SBY Lanjutkan Pemulihan di AS

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Tangkapan layar Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Presiden Keenam RI (kanan) duduk di ruang tunggu sebelum masuk ke ruang perawatan untuk dioperasi oleh tim dokter di Mayo Clinic Rochester, Amerika Serikat, Kamis (11/11/2021) sebagaimana disiarkan oleh rekaman video resmi Partai Demokrat. Foto: Antara

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Presiden Keenam RI telah selesai menjalani operasi kanker prostat. Saat ini dia masih dirawat untuk pemulihan di salah satu RS dalam kompleks Mayo Clinic Rochester, Amerika Serikat.

“Pada hari Kamis, 11 November 2021 pukul 07.45 waktu Rochester, Bapak SBY melaksanakan tindakan operasi atas kondisi kesehatannya di RS Mayo Clinic. Kurang lebih pukul 10.00, operasi dinyatakan selesai,” kata Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), anak sulung SBY, sebagaimana dikutip dari siaran tertulis yang dilansir Antara, Jumat (12/11/2021).

Operasi berjalan selama kurang lebih dua jam. Tim dokter menyampaikan operasi berjalan lancar dan kondisi SBY stabil.

“Alhamdulilah, puji syukur kepada Allah SWT, operasi berjalan dengan lancar. Bapak SBY dalam kondisi yang stabil,” kata Ketua Umum DPP Partai Demokrat itu.

Usai menjalani operasi, SBY kemudian dirawat di RS St Marys, rumah sakit yang masih berada di dalam kompleks Mayo Clinic Rochester.

SBY, yang saat ini menjabat sebagai Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat dibawa ke St Marys menggunakan ambulans. Dalam perjalanan itu, AHY turut mendampingi ayahnya.

Dalam siaran yang sama, AHY turut menyampaikan terima kasih kepada masyarakat atas perhatian dan doa yang diberikan kepada SBY.

“Atas nama keluarga besar Yudhoyono, saya mengucapkan terima kasih banyak atas perhatian Bapak/Ibu dan saudara-saudara masyarakat Indonesia atas simpati dan doa baiknya untuk kesembuhan Bapak SBY,” kata AHY.

Agus Harimurti pun meminta masyarakat terus mendoakan SBY agar cepat pulih sehingga ia dapat beraktivitas seperti biasa.

“Semoga Bapak SBY segera pulih dalam proses masa perawatan pascaoperasi ini, dan kembali beraktivitas bersama kita,” ujar AHY.

Tidak hanya AHY, putra bungsu SBY, Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas, juga mendampingi ayahnya menjalani operasi di Mayo Clinic Rochester, AS.

Di samping AHY dan Ibas, sahabat SBY yang pernah menjabat sebagai Menko Polhukam Marsekal TNI (Purn) Djoko Suyanto bersama istrinya juga turut menemani Presiden Keenam RI itu menjalani perawatan di Mayo Clinic Rochester.

Mayo Clinic merupakan rumah sakit dan lembaga non-profit yang memadukan pelayanan kesehatan, pendidikan, dan penelitian.

Kampus dan rumah sakit utama Mayo Clinic tersebar di beberapa negara bagian di AS, di antaranya Rochester, Minnesota; Scottsdale dan Phoenix di Arizona; dan Jacksonville di Florida.

Mayo Clinic merupakan salah satu tempat perawatan dan riset kanker prostat ternama di dunia.

SBY sekitar awal bulan ini didiagnosa tim dokter mengidap kanker prostat stadium awal. Tim dokter yang merawat SBY pun merekomendasikannya untuk dirawat di Mayo Clinic.

Usai mendapat rekomendasi itu, SBY melaporkan rencananya berobat ke luar negeri kepada Joko Widodo Presiden.

Presiden mendukung dan memerintahkan Tim Dokter Kepresidenan turut mendampingi pengobatan SBY di Rochester, Amerika Serikat.(ant/iss/den)

Berita Terkait

SBY Didiagnosa Sakit Kanker Prostat


Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs