Selasa, 16 April 2024

SBY Didiagnosa Sakit Kanker Prostat

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Susilo Bambang Yudhoyono Presiden RI ke-6. Foto: Instagram

Ossy Dermawan, staf pribadi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Presiden RI Ke-6 menjelaskan, beberapa hari ini, dia menerima banyak pertanyaan dari sejumlah kalangan di antaranya para sahabat SBY, wartawan dan anggota masyarakat, menyangkut kesehatan SBY.

Oleh karena itu, kata Ossy, agar masyarakat mendapatkan informasi yang benar dan akurat, dia mengatakan kalau SBY dalam waktu dekat akan melakukan medical check up ke luar negeri.

Menurut Ossy, pemeriksaan yang dilakukan untuk menindaklanjuti diagnosa tim dokter bahwa SBY mengalami kanker prostat

“Adalah benar Bapak SBY dalam waktu dekat akan melakukan medical check-up dan treatment di luar negeri. Sesuai dengan diagnosa dari Tim Dokter, Bapak SBY mengalami kanker prostat (prostate cancer). Berdasarkan hasil pemeriksaan baik melalui metode MRI, biopsi, Positron Emission Tomography (PET) Specific Membrane Antigen (SMA) Scan dan pemeriksaan yang lain,” ujar Ossy dalam keterangan tertulisnya, Selasa (2/11/2021).

Kata Ossy, kanker prostat yang diderita SBY masih berada dalam tahapan (stadium) awal. Sesuai dengan kondisi kesehatan SBY saat ini, Tim Dokter menyimpulkan semua opsi terbuka untuk melakukan pengobatan dan penyembuhan terhadap SBY.

“Setelah dilakukan konsultasi yang mendalam dengan Tim Dokter Indonesia, termasuk para urolog senior, diputuskan medical treatment dilakukan di sebuah rumah sakit di luar negeri yang memiliki pengalaman panjang dan teknologi yang maju untuk menangani kanker prostat,” jelasnya.

Ossy menjelaskan, komunikasi yang dilakukan antara Tim Dokter Indonesia dan Tim Dokter negara sahabat tersebut berlangsung dengan baik dan pihak luar negeri sepakat dan bersedia untuk menangani SBY.

“Ketua Tim Dokter luar negeri dalam komunikasi langsung dengan Bapak SBY (via telemedicine), setelah mempelajari semua data kesehatan Bapak SBY, menyampaikan optimismenya untuk bisa mengatasi penyakit yang diderita Bapak SBY,” ungkapnya.

Sesuai dengan etika dan tata krama yang dianut SBY, Ossy mengatakan kalau SBY sudah menelepon Jokowi Presiden untuk melaporkan rencana berobat ke luar negeri. Jokowi memberikan respons yang baik dan menyampaikan bahwa satu-dua anggota Tim Dokter Kepresidenan akan mendampingi dalam pengobatan tersebut.

“Perlu kami sampaikan pula bahwa selama ini Bapak SBY tetap menjalankan kegiatan sehari-hari, seperti menunggui klub bola voli Lavani berlatih, melukis, membaca dan menulis, berolahraga serta kegiatan-kegiatan lain. Bapak SBY memohon doa dari para sahabat khususnya dan masyarakat Indonesia umumnya agar medical treatment yang dilakukan dapat berjalan dengan baik,” pungkas Ossy.(faz/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 16 April 2024
33o
Kurs