Minggu, 18 April 2021

Sidoarjo Bersiap Terapkan PPKM Mikro di Bluru Kidul

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Hudiyono PJ Bupati Sidoarjo mendatangi salah satu RW di perumahan Bluru Kidul Regency, Sabtu (6/2/2021). Lokasi ini jadi sasaran PPKM Mikro karena banyak kasus tambahan Covid-19. Foto: Istimewa

Pemerintah Kabupaten Sidoarjo tengah mempersiapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di Perumahan Bluru Kidul Regency, Desa Bluru Kidul, Kecamatan Sidoarjo.

Hudiyono PJ Bupati Sidoarjo mendatangi salah satu RW di perumahan Bluru Kidul Regency, Sabtu (6/2/2021). Lokasi ini jadi sasaran PPKM Mikro karena banyak kasus tambahan Covid-19.

Total ada 17 kasus tambahan dalam kurun waktu Januari sampai awal Februari 2021 ini. Data Pemkab Sidoarjo juga menunjukkan, sudah ada empat orang yang meninggal. Tiga di antaranya meninggal 2021 ini.

Penerapan PPKM skala mikro ini menindaklanjuti perintah Joko Widodo Presiden lewat Gugus Tugas Covid-19. Mulai 9 Februari penerapan PPKM Mikro bisa dilaksanakan di daerah.

“Menindaklanjuti rencana Pak Presiden dan Menteri terkait tindak lanjut evaluasi PPKM jilid kedua yang tidak efektif, maka Pak Presiden mengambil keputusan untuk PPKM mikro,” kata Hudiyono.

Kepala Biro Kesos Pemprov Jatim itu pun meminta jajaran dinas menyisir RT/RW mana yang menyumbang kasus baru tertinggi. Pada 30 Januari kemarin, di Perum Bluru Kidul itu ada 15 kasus baru.

“Ternyata tempat ini memang kasusnya tinggi. Supaya tidak menyebar kemana-mana maka kita di salah satu RW di desa ini rencana akan kita berlakukan pembatasan kegiatan atau PPKM mikro,” terangnya.

Pada praktiknya, kata Hudiyono, RT/RW yang menerapkan PPKM Mikro harus mengatur akses jalan lingkungan dengan sistem satu pintu (one gate system). Tamu diminta menunjukkan surat sehat.

Penjaga di pintu masuk kampung itu juga akan dilengkapi thermo gun dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Antara lain mencuci tangan sebelum masuk wilayah dan wajib pakai masker.

“Aktivitas Bagi warga yang bekerja boleh. Semua yang tinggal di sana akan menjalani rapid antigen. Intinya warga di area PPKM mikro statusnya harus negatif covid-19. Saya sudah perintahkan camat dan kades untuk rapat dengan warga,” ujarnya.

Pemkab akan memberi bantuan sembako kepada warga yang tinggal di lingkungan PPKM Mikro. Penerapan PPKM mikro bisa tiga sampai tujuh hari ke depan.

Saat berkunjung ke lokasi, Hudiyono bersama sejumlah petugas dinas kesehatan Kabupaten Sidoarjo melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah rumah yang penghuninya sedang isolasi mandiri.(den/iss/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Asap Kebakaran Semolowaru

Kecelakaan di Lawang

Truk Bermasalah di Trosobo

Eh Eh, Capek. Istirahat Dulu

Surabaya
Minggu, 18 April 2021
33o
Kurs