Jumat, 22 Oktober 2021

Stok PMI Surabaya Kosong, Permintaan Plasma Konvalesen Masih Belum Terpenuhi

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Penyintas Covid-19 saat sedang melakukan donor plasma konvalesen di UTD PMI Surabaya. Foto: Totok/Dok. suarasurabaya.net

Hingga hari Kamis (10/6/2021) persediaan plasma konvalesen di PMI Surabaya masih kosong. Hal ini berdampak pada layanan permintaan masyarakat yang belum terpenuhi.

“Jangankan untuk stok persediaan, setiap penambahan perolehan plasma konvalesen saja langsung habis didistribusikan. Oleh karena itu layanan permintaan dari masyarakat juga belum semuanya bisa kami penuhi,” terang Triksi Hendria Kasi Humas PMI Surabaya, Kamis (10/6/2021).

Biasanya, lanjut Triksi perolehan plasma konvalesen dari pendonor bisa langsung didistribusikan pada masyarakat yang membutuhkan, dan ada sebagian yang disimpan untuk stok persediaan. Tetapi itu tidak dapat dilakukan, mengingat pendonor plasma konvalesen saat ini memang minim jumlahnya.

“Untuk satu orang pendonor, bisa diambil sekurangnya tiga bags plasma konvalesen. Dan jika jumlah pendonor banyak, maka otomatis perolehan plasma konvalesen akan menjadi lebih banyak. Jika kemudian ada permintaan masyarakat, masih bisa dipenuhi dan masih ada sisa yang bisa disediakan untuk stok. Tapi saat ini faktanya pendonor memang minim. Nyaris tidak ada, ” tegas Triksi.

Dari laporan yang dihimpun, lanjut Triksi ternyata kekosongan ini tidak hanya terjadi di PMI Surabaya. “Dari laporan kawan-kawan di luar kota, ternyata plasma konvalesen juga kosong,” kata Triksi.

Oleh karena itu, diharapkan kepada masyarakat khususnya penyintas Covid-19 untuk segera melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum menjalani donor plasma konvalesen di PMI Surabaya. (tok/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Muat BBM Terbakar di Tol Pandaan

Truk Terguling di Lawang Malang

Truk Terguling Menimpa Taksi di Medaeng

Surabaya
Jumat, 22 Oktober 2021
34o
Kurs