Jumat, 10 Mei 2024

Stok PMI Surabaya Kosong, Permintaan Plasma Konvalesen Masih Belum Terpenuhi

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Penyintas Covid-19 saat sedang melakukan donor plasma konvalesen di UTD PMI Surabaya. Foto: Totok/Dok. suarasurabaya.net

Hingga hari Kamis (10/6/2021) persediaan plasma konvalesen di PMI Surabaya masih kosong. Hal ini berdampak pada layanan permintaan masyarakat yang belum terpenuhi.

“Jangankan untuk stok persediaan, setiap penambahan perolehan plasma konvalesen saja langsung habis didistribusikan. Oleh karena itu layanan permintaan dari masyarakat juga belum semuanya bisa kami penuhi,” terang Triksi Hendria Kasi Humas PMI Surabaya, Kamis (10/6/2021).

Biasanya, lanjut Triksi perolehan plasma konvalesen dari pendonor bisa langsung didistribusikan pada masyarakat yang membutuhkan, dan ada sebagian yang disimpan untuk stok persediaan. Tetapi itu tidak dapat dilakukan, mengingat pendonor plasma konvalesen saat ini memang minim jumlahnya.

“Untuk satu orang pendonor, bisa diambil sekurangnya tiga bags plasma konvalesen. Dan jika jumlah pendonor banyak, maka otomatis perolehan plasma konvalesen akan menjadi lebih banyak. Jika kemudian ada permintaan masyarakat, masih bisa dipenuhi dan masih ada sisa yang bisa disediakan untuk stok. Tapi saat ini faktanya pendonor memang minim. Nyaris tidak ada, ” tegas Triksi.

Dari laporan yang dihimpun, lanjut Triksi ternyata kekosongan ini tidak hanya terjadi di PMI Surabaya. “Dari laporan kawan-kawan di luar kota, ternyata plasma konvalesen juga kosong,” kata Triksi.

Oleh karena itu, diharapkan kepada masyarakat khususnya penyintas Covid-19 untuk segera melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum menjalani donor plasma konvalesen di PMI Surabaya. (tok/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 10 Mei 2024
32o
Kurs