Jumat, 29 Maret 2024

Suasana Imlek, Layanan Driver Online Ini Tetap Utamakan Prokes

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Hok Ek, mitra GoCar. Foto: Gojek

Hari Imlek terasa semakin spesial jika bisa berkumpul dengan keluarga dan tetap melayani masyarakat. Seperti yang dilakukan Hok Ek atau biasa dipanggil Ting Ting. Sebelum bergabung sebagai mitra GoCar pada tahun 2019, pria berusia 45 tahun ini pernah bekerja sebagai Welding Diver atau penyelam yang memiliki keahlian pengelasan di kedalaman laut di Bali pada tahun 2008-2013.

Pekerjaan yang penuh resiko ini pernah dilakoni untuk ‘mempreteli’ kapal-kapal yang telah tenggelam di beberapa lokasi seperti Pelabuhan Benoa, Lombok, Sumbawa, Sulteng. “Saya pernah mengelas di kedalaman 28 meter, kalau ingat itu memang cukup berisiko”, kenangnya sambil tersenyum.

Mengingat kedua putri kembarnya sudah berusia 12 tahun, Ting Ting memutuskan untuk banting setir dengan beralih membuka usaha toko dan indekosan di Dukuh Kupang. Setelah memiliki cukup rezeki, Ting Ting memberanikan diri untuk membayar uang muka cicilan mobil.

Dia sempat ragu apakah sanggup membayar cicilan di saat penghasilan dari indekosan dan toko kelontong tidak seberapa mengingat investasi untuk keduanya sebagian berasal dari pinjaman Bank.

Akhirnya ketika ada pembukaan mitra GoCar melalui jalur koperasi, Ting Ting mengambil keputusan untuk bergabung guna menambah penghasilan untuk cicilan mobilnya. “Untuk biaya operasional dan sehari-hari uangnya dari toko dan indekosan, sedang cicilan mobil saya sisihkan dari pendapatan saya melalui GoCar”, jelasnya berbagi tips.

Bagi Ting Ting, momen Imlek adalah hari spesial di mana mereka dapat berkumpul lengkap merayakan pergantian tahun bersama keluarga besarnya.

“Kebetulan Mama merupakan anak tertua, sehingga adik-adiknya bersama anak dan cucunya yang berkunjung ke rumahnya. Setelah beribadah sebelumnya dan bersilaturahmi dengan keluarga besarnya, jam 13.00-an saya biasanya nge-bid kembali karena bagi saya kerja itu adalah ibadah,” ujarnya.

Lebih lanjut Ting Ting yang melakukan pengecekan suhu tubuh dan kendaraannya secara rutin di Posko Aman setiap minggunya serta memiliki kelengkapan sekat pengaman di mobilnya mengatakan, ”Tahun 2020 lalu saya melakukan ritual yang sama, senangnya lagi selama saya narik pas Hari Raya Imlek penumpang saya justru semuanya ndak ada yang Imlekan. Artinya saya yang merayakan Imlekan tetap dapat memberikan layanan bagi masyarakat yang membutuhkan. Bagi saya, hal ini sungguh tidak ternilai harganya”.(iss/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs