Rabu, 17 April 2024

Surabaya Tunjukkan Tren Positif, Eri Optimis RHU Segera Beroperasi 

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi. Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya bersama Forkopimda Surabaya keliling Kota Surabaya untuk meninjau warung-warung yang masih buka lebih dari jam 8 malam saat PPKM Darurat, Sabtu (3/7/2021). Foto: Humas Pemkot Surabaya

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya optimis rumah hiburan umum (RHU) di Kota Pahlawan akan segera beroperasi. Ini karena dalam beberapa waktu terakhir, tren kasus Covid-19 di Surabaya yang semakin membaik.

“Kita sudah bilang ke Linmas untuk komunikasikan. InsyaAllah saya yakin minggu depan bisa dibuka semua kalau lihat positivity rate seperti ini, asesmen Kementerian Kesehatan level 2 pasti saya yakin bisa,” kata Eri kepada Suara Surabaya, Selasa (7/9/2021).

Sejauh ini, kata Eri, RHU masih melakukan persiapan pembukaan meskipun berdasarkan asesmen Kementerian Kesehatan Kota Surabaya sudah berada di level 2, namun berdasarkan Inmendagri Nomor 39 Tahun 2021 yang ditandatangani Tito Karnavian Menteri Dalam Negeri tanggal 6 September 2021 berada di level 3. Dalam Inmendagri Nomor 39 Tahun 2021 disebutkan, fasilitas umum (area publik, taman umum, tempat wisata umum dan area publik lainnya) ditutup sementara.

Meski ada di level 3, namun Surabaya sudah diperbolehkan untuk melakukan uji coba pembukaan mal. Ini yang menurut mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya akan dijalankan dengan penuh kehati-hatian.

“Ini akan kita jalankan dengan kehati-hatian betul. Takutnya ketika level 2 dibuka lalu euforia berlebihan, gak karu-karuan. Jadi bertahap kita lakukan ini,” terangnya.

Eri meyakini yang bisa menjalankan kepercayaan uji coba ini dengan baik adalah masyarakat dan pelaku usaha. Oleh karena itu dia percaya untuk ke depannya pemerintah pusat akan memberikan kelonggaran lagi.

“Kalau kita diberi kesempatan uji coba lakukan dengan yang terbaik. Kalau sudah bisa melakukan yang terbaik InsyaAllah akan diberikan kelonggaran lagi,” imbuhnya.

Sementara Eddy Christijanto, Kepala Satpol PP Kota Surabaya, mengatakan, meski RHU belum diperbolehkan buka, namun masih saja ada yang beroperasi secara sembunyi-sembunyi. Karena itu, pihaknya bersama jajaran terkait terus intensif melakukan pengawasan.

“Setiap malam kita keliling lakukan pengawasan. Satpol PP bersama dengan TNI dan Polri, BPB Linmas, dan Satgas Covid-19 tetap melakukan operasi pengawasan dan penertiban terhadap RHU yang masih buka,” kata Eddy, Rabu (1/9/2021).(dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 17 April 2024
27o
Kurs