Kamis, 25 April 2024

Tahun ini, Fitur Pelacak Iklan Bisa Dimatikan

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi Google. Foto: Reuters

Google tahun ini akan meluncurkan fitur untuk mematikan pelacakan iklan di aplikasi ponsel, seperti yang sudah dilakukan Apple.

Melansir Antara, jika pelacakan iklan dimatikan, pengembang tidak bisa lagi melihat identitas unik iklan sehingga pengguna tidak lagi menerima iklan yang dipersonalisasi.

Fitur ini akan tersedia tahun ini, namun, belum disebutkan kapan tepatnya. Google akan menggulirkan pembaruan untuk layanan Google Play.

Pembaruan tahap pertama tahun ini ditujukan untuk perangkat Android 12, sementara Android versi lama akan mendapatkannya pada 2022.

Laman Phone Arena memberitakan metode mematikan pelacakan iklan di Android akan berbeda dengan preangkat iOS. Apple pada iOS 14.5 ke atas menyediakan tombol untuk mematikan pelacak pada setelan aplikasi.

Sedangkan apda Android nanti, Google dikabarkan akan menyediakan tombol geser yang akan langsung mematikan pelacakan untuk semua aplikasi.

Saat ini, ponsel Android menyediakan opsi untuk mematikan iklan yang dipersonalisasi, namun, aplikasi masih bisa meminta ID iklan untuk keperluan analisis.

Cara untuk mematikan personalisasi iklan pertama buka menu “Setting” atau setelan, kemudian pilih Google. Pilih Ads atau iklan, kemudian geser ke kiri pada “opt out of Ads Personalization”.(ant/frh/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs