Jumat, 19 April 2024

Tahun Ini ITS Menerima 3.061 Maba dari Jalur SKMP

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
ilustrasi

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) secara resmi mengumumkan hasil seleksi penerimaan mahasiswa baru (Maba) 2021 jalur Seleksi Kemitraan, Mandiri, dan Prestasi (SKMP), Sabtu (26/6/2021).

Tercatat bahwa ITS menerima mahasiswa baru sebanyak 3.061 dari jalur SKMP.

Dr Eng Siti Machmudah Direktur Pendidikan ITS memaparkan detail jumlah mahasiswa yang lolos di masing-masing jalur.

Dari jalur Kemitraan sebanyak 399 mahasiswa, jalur Mandiri sebanyak 2.555 mahasiswa, dan jalur Prestasi sebanyak 107 mahasiswa.

Dari total penerimaan mahasiswa baru jalur SKMP ini terdapat tiga jurusan dengan peminat terbanyak di Departemen Teknik dan Sistem Industri.

Di departemen itu ada sejumlah 1.652 pendaftar, kemudian di Departemen Teknik Informatika sebanyak 1.625 pendaftar, dan Departemen Sistem Informasi sejumlah 1.397 pendaftar.

Dengan adanya penambahan jalur masuk melalui prestasi pada SKMP 2021, ITS berharap mahasiswa unggul yang terpilih lewat pemaparan prestasi saat pendaftaran, bisa terus meningkatkan prestasinya di kampus ITS.

Dengan demikian, para mahasiswa ini bisa semakin mengharumkan nama ITS di kancah nasional maupun internasional.

Dosen yang akrab disapa Machmudah ini menyebutkan, di jalur SKMP ini penerimaan mahasiswa baru didasarkan pada nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2021 dan/atau nilai Tes Kemampuan Akademik (TKA) ITS, nilai rapor, deskripsi diri, dan prestasi-prestasi lainnya yang dimiliki oleh pendaftar.

“Khusus untuk peminat program studi (prodi) desain, kami wajibkan untuk mengunggah portofolio,” kata Machmudah, Sabtu (26/6/2021).

Dia juga menjelaskan, calon mahasiswa yang dinyatakan diterima di ITS dari jalur SKMP ini nantinya diwajibkan melakukan pengisian biodata secara dan mengunggah dokumen-dokumen persyaratan secara daring.

Syarat ini sama halnya dengan calon mahasiswa baru dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) maupun Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Kegiatan pengisian data sebagai bentuk pendaftaran ulang jalur SKMP akan dimulai 28 Juni-1 Juli 2021 dengan sejumlah prosedur daftar ulang.

Di antaranya registrasi daring, verifikasi data ekonomi orang tua, pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT), pemeriksaan tes buta warna bagi program studi yang membutuhkan, verifikasi ijazah Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat, sampai mencetak bukti daftar ulang.

“Untuk informasi selengkapnya mengenai pendaftaran ulang dapat diakses melalui portal smits.its.ac.id dan sipmaba.its.ac.id,” pungkas Machmuda dosen Departemen Teknik Kimia ini.(tok/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
32o
Kurs