Selasa, 19 Maret 2024

Terdengar Suara Ledakan Saat Semeru Erupsi

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Gunung Semeru mengalami erupsi pada Sabtu (4/12/2021). Foto: Istimewa

Sulianto salah satu relawan sekaligus warga Kecamatan Pronojiwo, Lumajang mengatakan, warga sempat mendengar suara ledakan Sabtu (4/12/2021) sore saat Gunung Semeru mengalami erupsi.

“Sekitar jam tiga sore di daerah puncak (gunung) gelap dan tiba-tiba ada suara meletus. Ada ledakan sore tadi,” kata Sulianto kepada Radio Suara Surabaya.

Saat erupsi, banyak abu yang berguguran di sekitar lereng, lalu turun hujan lebat. “Untung hujan dari abu terbawa air hujan,” katanya.

Baca juga: Jalur Arah Malang dari Desa Sumberwuluh Lumajang Tutup Sementara

Ia mengungkapkan, semua desa yang lokasinya dekat dengan Semeru terdampak, begitu juga semua desa yang ada di Kecamatan Pronojiwo.

Warga saat ini sudah dievakuasi di balai desa dan ruangan sekolah dasar, yang jaraknya sekitar 4 kilometer dari pemukiman terdampak.

Sebelumnya, Wawan Hadi Siswoyo Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang mengatakan, erupsi gunung Semeru kali ini hampir sama seperti erupsi pada 1 Desember 2020 lalu.

Baca juga: BPBD Lumajang: Erupsi Semeru Kali Ini seperti 2020 Lalu

Baca juga: Semeru Erupsi, Dua Kecamatan di Lumajang Gelap Gulita

Warga yang berada di Dusun Curah Konokan dan Dusun Kajar Kuning sudah dievakuasi ke Desa Sumberwuluh, karena kondisi di daerah itu gelap gulita dengan awan hitam pekat dan aliran listrik mati.(tin/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 19 Maret 2024
32o
Kurs