Jumat, 29 Maret 2024

Terjadi Kerumunan, Wabup Sidoarjo Evaluasi Pelaksanaan Vaksinasi di Puskesmas Kota

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Subandi Wakil Bupati Sidoarjo meninjau pelaksanaan vaksinasi AstraZeneca untuk lansia di Puskesmas Kota Sidoarjo pada Kamis (1/4/2021). Foto: Kominfo Sidoarjo

Terjadi kerumunan saat pelaksanaan vaksinasi AstraZeneca untuk lansia di Puskesmas Kota Sidoarjo pada Kamis (1/4/2021). Pemerintah Kabupaten Sidoarjo menjelaskan, penyebabnya adalah kesalahan teknis pengaturan pendaftaran.

Pihak puskesmas telah menerapkan pembatasan pelayanan dengan kuota 300 orang perhari. Sedangkan warga sudah mulai berdatangan sejak subuh agar bisa mendapatkan nomor antrian vaksinasi. Pada saat jam pelayanan dibuka pukul 07.00 WIB ratusan warga sudah membludak di loket pendaftaran.

Mendengar adanya kerumunan warga di Puskesmas kota, Subandi Wakil Bupati Sidoarjo langsung turun ke lokasi. Untuk mengurai kerumunan Subandi minta sebagian warga yang belum mendapatkan pelayanan diminta untuk pulang kerumahnya masing-masing dan sebagian yang sudah mendaftar tetap dilayani.

Didampingi Kepala Dinas Kesehatan dr. Syaf Satriawarman, Wabup Subandi langsung datang ke lokasi memanggil dr. Hinu Tri Sulistijorini Ririn Kepala Puskesmas Kota untuk dimintai penjelasan.

Akibat kejadian ini, Kepala Puskesmas kota Sidoarjo, dr. Hinu langsung mendapat teguran dari Wabup Subandi.

Wabup Subandi menilai apa yang dilakukan Puskemas kota merupakan kesalahan teknis, selain itu pihak puskesmas kota sebelumnya tidak koordinasi dengan dinas kesehatan terlebih dahulu. Akibatnya ratusan orang berkumpul di dalam puskesmas yang mengakibatkan warga saling berdesakan saat mendaftar nomor antrian.

“Teknisnya tidak seperti ini, wilayah lain sudah berjalan dengan baik, pelaksanaan pendaftaran melalui kantor desa masing-masing. Hanya di puskesmas kota saja yang seperti ini. Ini menjadi evaluasi kita bersama jangan sampai terjadi seperti ini lagi. Mulai besok vaksinasi bisa dilakukan di kantor balai desa masing – masing”, tegas Subandi melalui keterangan tertulis.

Wabup Subandi mohon maaf kepada warga Sidoarjo atas ketidaknyamanan yang terjadi. Ia berjanji kejadian serupa tidak akan terulang kembali. Ia memastikan vaksinasi untuk lansia bisa ter-cover semua untuk itu warga diminta sabar karena pelaksanaanya nanti bisa dilakukan di kantor desa masing-masing. (iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
27o
Kurs