Rabu, 8 Mei 2024

Tidak Ada Peringatan Isra Miraj di Masjid Ampel

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Tidak ada perayaan Isra Miraj di Masjid Ampel lantaran dampak antisipasi penyebaran virus corona. Foto : Manda suarasurabaya.net

Perayaan Isra Miraj pada 27 Rajab biasanya diisi dengan amalan dan ibadah bersama di masjid. Kegiatan yang dilakukan mulai dari salat bersama, berzikir, berselawat, hingga ceramah untuk mengenang dan mengambil hikmah perjalanan Nabi Muhammad SAW saat Isra Miraj.

Isra Miraj tahun ini, Kamis (11/3/2021), tidak ada kegiatan peringatan di Masjid Ampel. Yamil petugas Masjid Ampel menjelaskan, semua kegiatan yang mengundang massa untuk sementara waktu ditiadakan. Langkah itu diambil Masjid Sunan Ampel mengingat saran Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk tidak menggelar kegiatan yang mengundang massa.

“Kalaupun ada perayaan, biasanya dirayakan dengan membaca surat yasin dan berdoa di masjid, dan untuk acara selamatan biasanya inisiatiaf  dari warga sekitar Ampel. Itupun sangat dibatasi,” kata Yamil.

Sudah menjadi tradisi di tahun-tahun sebelum pandemi, jika merayakan Isra Miraj, warga sekitar kawasan Ampel juga mengadakan peringatan haul Mbah Ampel.

Berdasarkan pengamatan suarasurabaya.net, meski tidak menggelar acara peringatan Isra Miraj, situasi Masjid Ampel terlihat ramai, banyak rombongan berdatangan. Rombongan yang datang dari luar kota memanfaatkan hari libur ini untuk berziarah di makam Sunan Ampel. (man/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
27o
Kurs