Jumat, 26 April 2024

Tidak Cukup Kamera di Perempatan, Polda Jatim Kerahkan 12 Mobil Tilang Elektronik

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Peluncuran dua unit tambahan mobil INCAR untuk melengkapi Electronic Trafic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik berlangsung di Taman Bungkul, Surabaya, Senin (15/11/2021). Foto: Istimewa

Sampai September lalu ada 10 mobil Integrated Node Capture Attitude Record (INCAR) yang berpatroli di Jatim. Mulai Senin (15/11/2021), jumlahnya jadi 12 unit.

Peluncuran dua unit tambahan mobil INCAR untuk melengkapi Electronic Trafic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik ini berlangsung di Taman Bungkul, Surabaya.

Irjen Pol Nico Afinta Kapolda Jatim menjelaskan, mobil INCAR adalah sarana untuk meningkatkan penindakan lalu lintas berbasis elektronik.

Mobil ini menjadi bagian dari inovasi kepolisian untuk mendeteksi pelanggaran lalu lintas berbasis digital demi mereduksi kesalahan dan interaksi secara langsung.

“Mobil INCAR akan berpatroli di jalan raya, merekam secara digital dan realtime terkait kepatuhan masyarakat dalam hal tata tertib lalu lintas” ujarnya.

Irjen Pol Nico Afinta Kapolda Jatim, saat peluncuran tambahan 2 mobil INCAR di Taman Bungkul, Surabaya, Senin (15/11/2021). Foto: Istimewa

Mobil yang dilengkapi kamera canggih itu terintegrasi dengan sistem data regident seperti SIM, STNK, dan BPKB, juga data aplikasi kependudukan.

“Kami bekerja sama dengan Kejaksaan dan Pengadilan, Kantor Pos, Dinas Perhubungan dan instansi lain untuk melaksanakan sistem yang diterapkan di INCAR,” katanya.

Untuk sementara ini, Kapolda mengakui, baru ada 12 unit mobil operasional INCAR yang akan beroperasi di kabupaten/kota. Ke depan, Polda akan menambah jumlahnya.

“Ini melengkapi ETLE. Kalau ETLE itu statis, INCAR ini mobile. Bisa mengawasi sekeliling jalan raya,” ujar Nico.

Dia pun meminta agar masyarakat tetap mematuhi tata cara berlalu lintas, mematuhi hukum, dan berkomunikasi dengan baik bila mendapat teguran dari petugas kepolisian.

“Tujuannya, untuk mewujudkan Kamseltibcarlantas dan menjaga supaya tidak terjadi pelanggaran yang akan berujung kecelakaan,” katanya.(den/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs