Jumat, 29 Maret 2024

Jatim Miliki 10 INCAR, Kapolda Berharap Tiap Polres Punya Satu Unit

Laporan oleh Anton Kusnanto
Bagikan
Irjen Pol Nico Afinta, ketika menerangkan mobil INCAR dalam sebuah webinar di Mapolda Jatim, Selasa (31/8/2021). Foto: Istimewa

Ditlantas Polda Jatim terus menambah unit mobil Integrated Node Capture Attitude Record (INCAR). Hingga sekarang setidaknya sudah ada 10 unit kendaraan patroli yang dilengkapi dengan teknologi serta kamera pengawas yang terhubung dengan aplikasi tersebut.

“Saat ini sudah ada 10 kendaraan, dan kami memiliki 39 Polres. Setiap Polres diharapkan memiliki satu atau lebih mobil INCAR,” kata Irjen Pol Nico Afinta, Kapolda Jatim, saat webinar di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Selasa (31/8/2021).

Menurut Nico, aplikasi ini merupakan pengembangan dari electronic traffic law enforcement (E-TLE) atau tilang elektronik, yang bisa berkeliling mengawasi para pelanggar lalu lintas.

Nico menambahkan ETLE/INCAR ini akan melakukan pengawasan dan penindakan pada pelanggar lalu lintas, dengan menggunakan teknologi baik stasioner maupun bergerak.

“INCAR ini juga berbasis data yang terhubung dengan Dispendukcapil, sehingga memudahkan dalam proses identifikasi pelanggar,” kata Nico.

Nico berharap tercipta penegakan hukum serta Kamtibmas yang melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat bisa berjalan dengan adanya program ini.

“Harapan ke depan dengan adanya webinar ini, pengetahuan dan pemahaman program ETLE dan INCAR bisa diketahui oleh seluruh peserta dan dilaksanakan,” harap Nico.

Sementara itu, Brigjen Chrysnanda Dwilaksana, Dirkamsel Korlantas Polri, mengapresiasi aplikasi INCAR ini. Karena dapat membantu mewujudkan lalu lintas aman dan lancar.

“Tentu ini satu inovasi yang bagus, mudah-mudahan ini juga bisa menginspirasi di seluruh Indonesia. Karena keselamatan yang pertama dan utama,” pungkas Chrysnanda.(ton/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs