Senin, 4 Juli 2022

TNI AL Dukung Perang Terhadap Narkoba di Era Pandemi Covid-19

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Laksma TNI A.Hari Supriyanto Kepala Kelompok Staf Ahli (Kapok Sahli) Koarmada II menghadiri puncak peringatan Hani 2021 di Aula Sawunggaling BNN Provinsi Jawa Timur. Foto: Dispen AL

TNI Angkatan Laut khususnya Koarmada II mendukung upaya pemerintah Indonesia melalui Badan Narkotika Nasional (BNN) melakukan perang terhadap narkoba atau War on Drugs, terlebih di era pandemi Covid-19 saat ini.

Dukungan tersebut direalisasikan dalam kehadiran Laksma TNI A.Hari Supriyanto Kepala Kelompok Staf Ahli (Kapok Sahli) Koarmada II, di puncak peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (Hani) 2021 secara virtual di Aula Sawunggaling BNN Provinsi Jatim, Senin (28/6/2021).

Secara resmi KH Ma’ruf Amin Wakil Presiden RI membuka acara peringatan Hani Tahun 2021 secara virtual dari Istana Negara, Jakarta. Sementara untuk peringatan di Jatim, acara dihadiri Brigjen Pol Aris Purnomo Kepala BNNP Jatim, Wagub Jatim serta Kasdam V Brawijaya.

Pada acara bertema Perang Melawan Narkoba (War on Drugs) di Era Pandemi Covid-19 Menuju Indonesia Bersih Narkoba (Bersinar), Wapres mengatakan perang melawan penyalahgunaan narkoba memerlukan kerja sama di semua level, baik di tingkat nasional, regional maupun internasional. Ia meminta mereka yang terlibat dalam peredaran narkoba ditindak tegas.

Lebih lanjut Wapres mengatakan pada saat seluruh negara dan masyarakat internasional sedang menghadapi tantangan besar yang ditimbulkan pandemi Covid-19, bahaya narkotika menjadi ancaman besar. Untuk itu, tindak hukum yang tegas sangat diperlukan agar peredaran narkoba lintas negara dan di dalam sebuah negara tidak dapat beroperasi lagi.

“Tindakan yang tegas, keras, dan terukur melalui upaya penegakan hukum sangat diperlukan, baik terhadap kasus narkotika itu sendiri maupun tindak pidana pencucian uang (TPPU). Penyitaan aset untuk memiskinkan para pelaku dan sindikat narkoba, juga menjadi salah satu cara agar produksi dan peredaran narkoba tidak dapat beroperasi lagi,” kata Wapres.(tok/iss/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Senin, 4 Juli 2022
28o
Kurs