Sabtu, 25 Mei 2024

Tolak Direlokasi, Pedagang Pilih Halaman Pasar Kembang Sebagai Penampungan Sementara

Laporan oleh Anton Kusnanto
Bagikan
Pasca kebakaran, pedagang berjualan di bahu Jalan Raya Pasar Kembang. Foto: Istimewa

PD Pasar Surya Kota Surabaya menyiapkan halaman Pasar Kembang untuk relokasi sementara pedagang, pascakebakaran pada hari Minggu (22/8/2021).

Pemilihan lokasi ini merupakan hasil kesepakatan dan diskusi bersama antara pedagang dan jajaran direksi PD Pasar Surya, yang digelar Selasa (24/8/2021).

Jaini, Humas PD Pasar Surya Surabaya mengatakan, sebelumnya pihaknya telah memberikan tiga alternatif tempat relokasi sementara pasca kebakaran. Ketiga alternatif itu berada di Pasar Babakan, Pasar Tambah Rejo dan Kantor PD Pasar Surya.

“Melalui proses diskusi, akhirnya disepakati oleh pedagang untuk memakai halaman parkir Pasar Kembang sebagai tempat penampungan sementara,” kata Jaini.

Tempat penampungan sementara (TPS) yang disiapkan itu bakal digunakan untuk pedagang dari lantai satu dan dua. Penyiapan lokasi TPS ini sambil menunggu hasil asesmen dari pihak kepolisian.

Jaini mengatakan dari asesmen nantinya bisa diketahui apakah lantai satu masih layak dipergunakan atau tidak. Kalau layak, pedagang di lantai satu bisa menempati standnya masing-masing. Sementara TPS di halaman parkir untuk pedagang lantai dua.

Menurutnya, ada sekitar 450 pedagang yang menempati stand di Pasar Kembang. Jaini juga menjelaskan, bahwa jam operasional pedagang Pasar Kembang di lantai satu dan dua berbeda. Untuk lantai satu, mulai beroperasi pagi hingga sore hari. Sedangkan lantai dua, malam hingga pagi hari.

Jika nantinya TPS berada di halaman pasar, maka dipastikan pedagang di lantai satu dan dua tidak akan berbenturan.

Jaini berharap dalam waktu satu sampai dua hari ke depan, halaman Pasar Kembang bisa dioperasionalkan untuk tempat penampungan.

Sementara menunggu TPS, dari pantauan selama dua hari pascakebakaran, pedagang menggelar dagangannya di bahu jalan Raya Pasar Kembang. (ton/dfn/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Sabtu, 25 Mei 2024
28o
Kurs