Rabu, 24 April 2024

Truk Besar Masuk Kota, Lalu Lintas Tersendat

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Sebuah truk besar melintas kawasan Jl. Pasar Kembang, Kamis (28/1/2021) dan berdampak arus lalu lintas tersendat. Foto: Totok suarasurabaya.net

Puluhan truk berukuran besar sekelas pengangkut kontainer, Kamis (28/1/2021) yang melintasi kawasan Kota Surabaya berdampak pada tersendatnya arus lalu lintas.

Terpantau dari perempatan Jl. Kranggan dan Jl. Tembok Dukuh, truk-truk besar dari kawasan Jl. Dupak masuk melintasi kawasan Jl. Tembok Dukuh yang pada hari biasa tidak boleh dilintasi truk besar, memberikan dampak antrean lalu lintas panjang.

Saat lampu traffic light hijau dan truk-truk besar itu bergerak maju, mengakibatkan kendaraan lain mengalah dan mengurangi kecepatan. Sehingga antrean kendaraan menjadi semakin panjang.

“Truk-truk besar dan panjang itu membuat kendaraan pribadi yang berada pada antrean sedikit menepi. Akibatnya pas lampu hijau, dan kendaraan bergerak maju, terjadi antrean. Ini terus berulang karena truk besar yang sejatinya tidak boleh melintas, karena ada perbaikan jalan tol mereka lewat jalur bawah. Merambat, ” terang Hanif petugas Dinas Perhubungan Kota Surabaya kepada suarasurabaya.net.

Demikian juga setelah memasuki Jl. Raya Arjuno, truk-truk besar yang melintas kawasan Jl. Pasar Kembang juga membuat arus lalu lintas merambat karena harus berhimpitan dengan kendaraan pribadi. Beberapa truk besar akhirnya memilih melintas di fly over Pasar Kembang.

Dari Jl. Pasar Kembang menuju Jl. Raya Diponegoro, persis di bawah fly over Pasar Kembang memang ada penyempitan dan itu semakin menambah tersendatnya arus lalu lintas di jalan itu.

Kendaraan mobil yang harus berhimpitan dengan kendaraan truk besar yang melintas di bawah fly over Jalan Pasar Kembang, Kamis (28/1/2021). Foto: Totok suarasurabaya.net

Memasuki kawasan Jl. Diponegoro, truk-truk besar yang bergerak menuju kawasan Jl. Raya Wonokromo kembali memadati ruas jalan. Pengendara kendaraan pribadi perlu berhati-hati dan waspada karena tidak biasanya truk-truk besar melintasi kawasan jalan tersebut.

Truk besar setelah dari Jl. Dupak masuk Jl. Tembok Dukuh, Jl. Raya Arjuno, Jl. Diponegoro, Jl. Raya Wonokromo, Jl. Ahmad Yani yang melintas bersama kendaraan R2. Foto: Totok suarasurabaya.net

Hartono warga Rungkut yang akan ke sebuah rumah sakit di kawasan Jl. Raya Diponegoro arah Jl. Raya Wonokromo sempat kaget melihat sekitar tujuh truk besar bergerak searah dengan kendaraannya.

“Kaget juga tadi pas masuk Diponegoro kok banyak truk-truk besar. Padahal hari biasa kan tidak boleh lewat. Ekstra hati-hati karena banyak truk besar,” ujar Hartono.

Perlu diketahui, telah terjadi longsor pada Ruas Jalan Tol Surabaya-Gempol pada  (26/1/2021) malam. Lokasi longsor berada di KM 06+200 Jalur A (arah Gempol) Ruas Jalan Tol Surabaya-Gempol (khususnya ruas Perak-Satelit).

Akibat dari kejadian longsor ini, untuk Keamanan Pemakai Jalan sementara lajur 1 dan 2 yang mengarah ke Gempol pada lokasi kejadian ditutup. (tok/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
26o
Kurs