Jumat, 26 April 2024

UK Petra Sosialisasi Sanitasi Sehat untuk Warga Dolly

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Mahasiswa UK Petra pantau perkembangan pembuatan jamban di Dolly. Foto: Totok suarasurabaya.net

Tiga orang dosen dan sejumlah mahasiswa UK Petra menggelar sosialisasi pentingnya sanitasi yang sehat di RW 12, RT 4z Kelurahan Putat Jaya, Kecamatan Sawahan (Eks-Lokalisasi Dolly), Surabaya, Sabtu (29/5/2021).

“Kegiatan ini termasuk Program Kemitraan Masyarakat (PKM) lanjutan dari Pengabdian Masyarakat metode Service Learning (SL) sejak 2016 lalu untuk menyukseskan Campus Goes To Kampung,” kata Surya Hermawan Ketua Tim Dosen UK Petra.

Kegiatan ini kelanjutan dari Focus Group Discussion (FGD) yang digelar beberapa waktu lalu dengan Kelurahan Putat Jaya, Pokja STBM (Kelompok Kerja Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) dan sejumlah komunitas lainnya.

Dosen UK Petra yang ikut serta pada kegiatan ini selain Surya ada Dr. Njo Anastasia,(dosen program Finance and Investment UK Petra) dan Angela Jasmine Tanya Tjahyana (dosen prodi Teknik Sipil UK Petra).

Berdasarkan survei, dalam kesehariannya masih banyak warga kampung perkotaan Kelurahan Putat Jaya Kecamatan Sawahan yang belum memiliki toilet atau jamban yang sehat.

Rata-rata mereka buang air besar ke sungai atau got. Surya menegaskan, ini tidak sesuai dengan standar hidup sehat dan juga akan mencemari lingkungan.

Ada beberapa kegiatan pada Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Eks-Lokalisasi Dolly di Kelurahan Putat Jaya Kecamatan Sawahan Surabaya Bermetode Service Learning itu.

Di antaranya membangun tujuh jamban sehat di dalam rumah, lomba mewarnai dan menggambar bagi anak-anak dengan tema Lingkungan yang Indah dan Sehat, sosialisasi sanitasi lingkungan bersih bagi warga sekitar dan memasang spanduk di area sekitar.

“Secara bertahap kami sebenarnya telah melakukan SL sejak empat tahun yang lalu dalam mata kuliah Ilmu Lingkungan. Dari 315 Kepala Keluarga yang belum memiliki jamban bersih kini tinggal 87 kepala keluarga saja,” kata Surya.(tok/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs