Jumat, 26 April 2024

USAID Berikan Penghargaan di Acara Anugerah Inklusivitas Jawa Timur

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Jonathan Alan Konsul Jenderal AS bersama Dr. Himawan Estu Bagijo, SH, MH., Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur, Ir. Muhammad Yasin, M.Si, Kepala Bappeda Jatim serta Bupati dan Wakil Bupati Situbondo. Foto: USAID

Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) memberikan penghargaan kepada 27 individu dan institusi yang telah mengadvokasi inklusivitas dalam program dan inisiatif mereka. Salah satunya adalah Kabupaten Situbondo yang mendapatkan penghargaan Kabupaten Paling Inklusif.

Sesi penghargaan ini diberikan USAID dalam pembukaan acara Anugerah Inklusivitas Jawa Timur, Kamis (7/10/2021). Sesi ini merupakan bagian dari konferensi nasional tiga hari tentang “Sebuah Inisiatif Ketenagakerjaan dan Kewiraan Inklusif” yang diinisiasi Mitra Kunci USAID.

Hingga saat ini, 245 instruktur dari 122 lembaga pelatihan telah memanfaatkan program pelatihan USAID untuk meningkatkan soft skill dan pengetahuan siswa.

Melalui Mitra Kunci, USAID telah bekerja sama dengan empat pusat pelatihan di Jawa Timur untuk melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata Tematik Kewirausahaan (KKN-TKWU), dan telah membekali hampir 24.000 siswa untuk menjadi wirausaha dan melatih 400 instruktur. Selain itu, 226 perusahaan yang berbasis di Jawa Timur telah berpartisipasi dalam kegiatan program Mitra Kunci dan mengadopsi kebijakan tempat kerja yang inklusif.

Jonathan Alan, Konsul Jenderal AS di Surabaya, mengatakan, “Amerika Serikat gembira dengan hasil yang dicapai inisiatif Mitra Kunci yang menggarisbawahi kontribusi berharga yang bisa diberikan anak muda terhadap perekonomian Indonesia, ketika mereka diberi akses ke pelatihan dan keterampilan yang dibutuhkan.”

“Pelajar dan pencari kerja, terutama perempuan dan penyandang disabilitas, kini memiliki sumber daya dan keterampilan untuk berkembang dalam perekonomian saat ini. Keikutsertaan mereka juga berarti bahwa Indonesia sekarang memiliki tenaga kerja tambahan untuk mencapai tujuan pembangunannya,” ujarnya.(dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
31o
Kurs