Kamis, 28 Maret 2024

Usia 60 Tahun ke Atas Jadi Prioritas Penerima Vaksin Influenza

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Sebelum Mnerima Vaksin

Prof. DR. Dr. Samsuridjal Djauzi, SpPD, K-AI, FACP Ketua Satgas Imunisasi Dewasa Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) mengatakan, orang yang berusia 60 tahun ke atas sekarang masuk prioritas dapat vaksin influenza.

Anjuran ini lebih cepat lima tahun dari usia rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk mendapatkan vaksin influenza, yakni pada usia 65 tahun. Demikian sebagaimana dikutip Antara.

“WHO menganjurkan 65 tahun, tetapi di Indonesia, perhimpunan geriatri kita dan satgas imunisasi menganjurkan usia 60 tahun,” katanya dalam konferensi pers virtual Hari Flu Sedunia: “Pentingnya Vaksinasi Flu di Masa Pandemi Covid-19″, Jumat (19/11/2021).

Prof. Samsuridjal menjelasan alasan kenapa usia 60 tahun ke atas jadi prioritas vaksin influenza. Sebab, pada usia itu orang banyak mengalami penurunan kekebalan tubuh. Pada mereka yang sakit, kekebalan tubuh mungkin tidak terjadi sehingga kemungkinan terjadi komplikasi seperti pneumonia, penyakit jantung dan stroke menjadi besar.

“Jadi orang usia lanjut amat prioritas (mendapatkan vaksin influenza),” ujarnya.

Selain itu, kata dia, sebagian lansia yang berusia 60 tahun diketahui sudah punya banyak penyakit penyerta seperti diabetes dan hipertensi.

Di sisi lain, WHO juga memasukkan wanita hamil dan anak usia bulan hingga 5 tahun, kemudian mereka yang berusia di bawah usia 60 tahun dengan diabetes, asma, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), penyakit jantung kronik, dan HIV.

Selain itu, orang-orang yang bepergian seperti untuk beribadah haji, serta tenaga medis juga disarankan mendapatkan vaksin influenza agar tidak menularkan pada orang di sekitarnya.

Dari sisi angka kejadian, angka kasus influenza dilaporkan masih tinggi, yakni dengan angka kematian 500 ribu orang. Prof. Samsuridjal berharap, melalui kewaspadaan yang meningkat, kasus bisa turun.

Penyakit influenza (flu) tidak bisa dianggap remeh, terutama karena penyebaran dan penularan penyakit ini menjadi lebih rentan selama pandemi Covid-19. Selain gaya hidup sehat, salah satu langkah penting pencegahan flu dengan vaksinasi influenza agar antibodi dalam tubuh semakin kuat dari serangan virus influenza.

Penggunaan vaksin influenza juga disarankan bagi orang-orang yang rentan terhadap gejala flu atau ingin mencegah koinfeksi flu dan Covid-19.

WHO merekomendasikan pemberian vaksin influenza musiman sekali setahun pada individu, mulai dari usia enam bulan hingga usia dewasa. Terlebih untuk kelompok dengan risiko tinggi, seperti balita, lansia, individu dengan penyakit penyerta (seperti diabetes, penyakit jantung, dan lainnya), traveler dan tenaga medis.(ant/dfn/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs