Sabtu, 4 Desember 2021

Vaksinasi Covid-19 untuk Anak-Anak Masih Menunggu Rekomendasi IDAI dan ITAGI

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
New Man, ikon sosialisasi protokol kesehatan Pemerintah Kota Surabyaa memberikan masker kepada seorang anak di KBS. Foto: Istimewa

Kementerian Kesehatan RI sampai sekarang belum berencana melakukan vaksinasi untuk anak di bawah usia 18 tahun, jelang dimulainya pembelajaran tatap muka di sekolah, bulan depan.

Siti Nadia Tarmizi Juru Bicara Pemerintah urusan Vaksinasi Covid-19 mengatakan, ada sejumlah hal yang jadi pertimbangan pemerintah sebelum menyuntikkan vaksin kepada anak usia sekolah menengah ke bawah.

Pertama, Kementerian Kesehatan menunggu rekomendasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), organisasi profesi lain, juga dari Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI).

“Kami masih menunggu rekomendasi dari IDAI dan ITAGI,” ujarnya kepada suarasurabaya, Sabtu (5/6/2021).

Kedua, pemerintah menunggu hasil penelitian terkait kecocokan sejumlah merek vaksin yang sudah ada di Indonesia untuk tubuh anak-anak.

Dalam program vaksinasi nasional pemerintah menetapkan empat merek vaksin yang bisa dipakai, yaitu Vaksin Covid-19 Sinovac, AstraZeneca, Pfizer dan Novavax.

Sedangkan untuk program Vaksinasi Gotong Royong, merek vaksin yang dipakai antara lain Sinopharm, CanSino, Sputnik, dan Anhui.

Pertimbangan yang ketiga, Kementerian Kesehatan perlu mengkalkulasi penambahan stok vaksin kalau sudah ada merek yang aman untuk anak-anak.

Pemerintah Indonesia sudah berkomitmen mendapatkan 362 juta dosis vaksin untuk 181 juta penduduk berusia di atas 18 tahun yang diberikan gratis lewat program vaksinasi nasional.

Sekadar informasi, perusahaan farmasi Pfizer dan BioNTech, awal April lalu mengklaim berdasarkan hasil uji klinis, tingkat kemanjuran vaksin covid buatannya mencapai 100 persen, dan aman untuk anak usia 12-15 tahun.

Kemudian, Sinovac juga menyatakan Vaksin Virus Corona buatannya aman disuntikkan kepada anak usia tiga sampai 17 tahun.

Amerika Serikat dan Kanada sudah lebih dulu menyetujui vaksinasi Covid-19 untuk anak dengan rentang usia 12 sampai 15 tahun, dan beberapa negara Eropa mulai menyuntikkan Vaksin Covid-19 buatan Pfizer/BioNTech untuk kelompok anak usia 12-15 tahun.(rid/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Sabtu, 4 Desember 2021
30o
Kurs