Sabtu, 20 April 2024

Vaksinasi Dosis Kedua AstraZeneca di Lapangan Thor Surabaya Digelar Sabtu 

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Seorang pekerja medis menyiapkan dosis vaksin Covid-19 AstraZeneca di pusat vaksinasi. Foto: ndtv.com

Pemerintah Kota Surabaya akan menggelar vaksinasi massal untuk dosis kedua AstraZeneca di Lapangan Thor Gelora Pancasila Surabaya pada Sabtu (31/7/2021).

Febria Rachmanita Kepala Dinas Kesehatan Surabaya mengatakan, vaksinasi akan dimulai Sabtu besok pukul 08.00 WIB.

“Besok pukul 08.00 hari Sabtu 31 Juli bertempat di Lapangan Thor akan dilakukan vaksinasi massal dosis kedua AstraZeneca,” kata Febria kepada Suara Surabaya, Jumat (30/7/2021) pagi.

Adapun syarat untuk bisa mengikuti vaksinasi dosis kedua AstraZeneca besok, yaitu yang telah mendapatkan suntikan dosis pertama vaksin AstraZeneca di faskes Kota Surabaya.

“Dibuktikan dengan membawa kartu vaksin pertama dari faskes Kota Surabaya. Kalau dia vaksin dosis satunya seperti di Sidoarjo, Gresik, kami gak bisa karena mendahulukan yang faskes di Kota Surabaya,” terangnya.

 

Dia menambahkan, untuk masyarakat yang dosis satunya diperoleh di gelaran seperti vaksinasi massal selama masih di Kota Surabaya, tetap bisa mengikuti vaksinasi dosis dua di Lapangan Thor besok.

Syarat selanjutnya adalah sesuai dengan jadwal suntikan dosis kedua AstraZeneca yang telah ditentukan oleh faskes Kota Surabaya. Jika belum waktunya, kata Febria, suntikan tidak bisa dilakukan karena seperti diketahui rentang waktu antara suntikan dosis pertama dan kedua AstraZeneca adalah maksimal tiga bulan.

Masyarakat juga diwajibkan membawa kartu vaksin dan alat tulis, serta membawa fotokopi KTP Surabaya atau KTP luar Surabaya bagi yang sudah mendapatkan vaksin dosis pertama AstraZeneca di faskes Surabaya.

Dosis yang tersedia untuk vaksinasi besok, kata Febria, terbatas yaitu sekitar 19.000. Meski terbatas, jumlah ini diakuinya cukup untuk yang suntikan dosis keduanya sesuai jadwal.

Sedangkan untuk vaksinasi dosis kedua Sinovac akan dimulai bulan Agustus.

“InsyaAllah bulan Agustus akan datang vaksin Sinovac dari Kemenkes. Nanti kami akan melakukan dosis kedua sesuai jadwal di faskes masing-masing,” pungkasnya.(dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
29o
Kurs