Jumat, 29 Maret 2024

Wella Datang, Moritz Jerapah KBS Tak Lagi Jomlo

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Moritz dan Wella. Jerapah koleksi satwa KBS. Moritz kini tak lagi jomblo. Foto: Totok suarasurabaya.net

Kedatangan Wella, Minggu (12/12/2021) menjadikan Moritz Jerapah koleksi satwa Kebun Binatang Surabaya (KBS) kini tidak lagi jomlo.

“Wella sudah datang di KBS pada November 2021 kemarin. Kemudian dilakukan prosedur karantina, dan pemeriksaan kesehatan, maka pada Minggu (12/12/2021) Wella kami hadirkan untuk Moritz. Sekarang Moritz tidak jomlo lagi,” terang Chairul Anwar Direktur Utama Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) KBS.

Moritz adalah satu-satunya Jerapah (Giraffa camelopardalis) koleksi satwa KBS yang masih ada. Sekitar 8 atau 9 tahun yang lalu, satu Jerapah lain koleksi KBS mati. Dan mulai saat itu, belum ada penambahan Jerapah yang menemani Moritz di KBS.

Kedatangan Wella bersama 21 satwa lain ke KBS, merupakan bagian dari program breeding loan dengan Jatim Park yang sudah dilakukan sebelumnya. Dan dengan kehadiran Wella menemani Moritz diharapkan akan hadir Jerapah baru menambah koleksi satwa KBS.

Satwa lain yang dihadirkan melengkapi koleksi satwa KBS dari Jatim Park selain Wella, total terdapat 8 jenis satwa. Di antaranya, Singa Afrika, Puma, Lemur, Rakun, Moongose, Sitatunga, Mouflon Eropa. Sedangkan KBS mengirimkan, Bekantan, Komodo, Babirusa, Celeng Gonteng, Rusa Bawean dan Walabi.

drh. Nurali Faisol Kepala Departemen Kesehatan Satwa KBS menyampaikan bahwa seluruh satwa yang baru tiba masing-masing wajib mengikuti prosedur karantina selama 14 hari guna pemantauan kesehatan satwa. “Pemeriksaan kesehatan satwa. Fisik, tingkah laku, sekaligus juga untuk beradaptasi dengan lingkungan KBS,” pungkas Nurali.(tok/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
27o
Kurs